Mengenal Teknik Skin Cycling, Pengertian Dan Cara Menerapkannya

Mengenal Teknik Skin Cycling, Pengertian Dan Cara Menerapkannya

Skin Cycling--

1. Memperbaiki Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan kulit paling atas yang berfungsi untuk melindungi kulit secara alami. Lapisan ini sangat penting karena berfungsi sebagai pelindung utama bagi kulit dari faktor negatif di luar seperti debu, polusi, cahaya matahari, hingga bakteri. Nah, skin barrier berisiko untuk mengalami kerusakan karena terlalu banyak menerima produk skincare.

Maka dari itu, skin cycling berperan untuk menghambat kerusakan skin barrier. Selama prosesnya, kulit akan menerima bahan aktif dalam dosis yang cukup, serta memiliki waktu beristirahat untuk pemulihan. Malam hari juga menjadi waktu yang pas untuk kulit menutrisi kembali skin barrier.

2. Menghindari Masalah pada Kulit

Produk skincare yang mengandung bahan aktif, seperti retinol dan eksfoliasi, bisa menyebabkan peradangan serta masalah kulit lainnya jika digunakan terlalu sering. Dengan melakukan skin cycling, kamu bisa mengurangi risiko timbulnya efek samping serta permasalah kulit lainnya.

Karena, metode skin cycling ini akan memberikan jeda pada kulit agar bisa beradaptasi dengan bahan-bahan aktif. Semakin jarang kamu menggunakan produk berbahan aktif, maka akan semakin kecil juga kemungkinan timbulnya efek samping pada kulit.

3. Mengurangi Efek Samping Produk

Bahan dalam suatu produk bisa berpotensi memicu timbulnya efek samping, seperti iritasi, breakout, kulit kering, berjerawat, hingga mengelupas. 

BACA JUGA:Kaya Manfaat, Berikut Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Metode skin cycling bisa memberikan jeda waktu bagi kulit untuk beradaptasi dengan produk yang kamu gunakan. Jeda saat rest day juga berguna untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi dari banyak bahan aktif.

Cara Menerapkan Skin Cycling

Empat prosedur skin cycling tidak boleh dilewatkan atau ditukar-tukar urutannya. Semua tahapan ini harus dilakukan dalam empat malam berturut-turut. Berikut detailnya :

1. Malam Pertama: Eksfoliasi

Malam pertama dari skin cycling berfokus pada eksfoliasi. Kamu bisa mulai dengan membersihkan wajah dari sisa kotoran atau makeup. Lakukan double cleansing untuk membersihkan wajah secara optimal sehingga produk skincare bisa meresap dan bekerja lebih efektif.

Setelah itu, gunakan chemical exfoliator yang gentle dan terbuat dari bahan alami. Dr. Bowe menyarankan untuk menggunakan chemical exfoliator dari bahan aktif seperti AHA, BHA, atau Mandelic Acid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: