Jangan Panik Kalau Dapat 'Surat Cinta' dari Pajak, Cukup Lakukan Ini

Jangan Panik Kalau Dapat 'Surat Cinta' dari Pajak, Cukup Lakukan Ini

Masyarakat saat mengakses layanan pajak-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung menghimbau pada masyarakat untuk tidak panik saat menerima surat cinta dari Kantor Pajak.

Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung melalui fungsional penyuluh Mediantoni menjelaskan,  surat cinta dari pajak sebenarnya adalah cara pemerintah memastikan keadilan dalam pembiayaan negara. Itu sebabnya kita perlu membacanya dengan teliti dan merespons dengan baik. 

Surat cinta tersebut berupa Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan Keterangan (SP2DK). SP2DK adalah surat yang diterbitkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) kepada wajib pajak dalam rangka pelaksanaan Permintaan Penjelasan atas Data dan Keterangan (P2DK ).

"Masyarakat tidak perlu panik saat menerima surat cinta pajak, tetapi pastikan wajib pajak memiliki semua dokumen yang diperlukan dengan rapi," sampai Mediantoni. 

BACA JUGA:Tampil Percaya Diri, 17 Mahasiswa Unib Lulus Uji Kompetensi Public Speaking IPSA Bengkulu

Fuad Wahyudi Anthonie selaku Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Muda Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung menambahkan, persiapan adalah kunci untuk merespons surat cinta ini tanpa stres berlebihan. 

Wajib pajak yang menerima surat itu hanya tinggal merespons dengan data dan fakta yang dimiliki. Contoh SP2DK berisi permintaan klarifikasi data kepemilikan mobil yang belum dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. 

Jika klarifikasi atas mobil merupakan harta hibah dari orang tua yang bukan objek pajak, maka wajib pajak hanya perlu melaporkan harta dan membetulkan SPT Tahunan.

"Membayar pajak kadang-kadang terasa seperti beban, tapi ini adalah tanggung jawab bersama untuk membangun bangsa yang kita cintai ini dengan kontribusi masyarakat yang berfungsi dengan baik. Kepemilikan kita atas bangsa ini dengan bukti diri atas kontribusi pembayaran pajak kita sesuai dengan ketentuan walaupun itu hanya 10 ribu rupiah," kata Fuad.

Masih kata Fuad, masyarakat diharapkan dapat  melihat sisi ringan dari segala sesuatu, termasuk pajak. Pasalnya kita semua berkontribusi untuk kebaikan bersama, meskipun melalui cara yang unik.

BACA JUGA:Ini Cara Daftar BPHTB Gratis di Bapenda Kota Bengkulu

"Cara terbaik untuk menyambut surat cinta ini adalah siapkan dokumen keuangan Anda dengan baik. Ibarat kita menyimpan foto orang terkasih, dimana kita simpan dengan baik," tutupnya. (tri)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: