Segera Hindari, Kebiasaan Berikut Bisa Menyebabkan Pori-Pori Membesar

Segera Hindari, Kebiasaan Berikut Bisa Menyebabkan Pori-Pori Membesar

Penyebab pori-pori membesar--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tanpa disadari, permasalahan kulit wajah berjerawat, komedo dan kulit kasar dapat dipengaruhi oleh salah satu penyebab, yaitu pori-pori kulit yang membesar. pori-pori adalah lubang kecil pada kulit yang dapat berfungsi sebagai tempat keluarnya minyak pada tubuh, seperti sebum dan keringat. 

Mengutip dari Medical News Today, pori-pori yang membesar dapat disebabkan oleh beberapa faktor internal, antara lain produksi sebum yang berlebihan, berkurangnya elastisitas kulit karena pertambahan usia, dan peningkatan volume folikel rambut. 

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Tanaman Obat, Ternyata Tanaman Ini Berkhasiat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Minyak yang terkumpul di dalam pori-pori ini dapat bercampur dengan kotoran atau makeup. Oleh karena itu, pori-pori dapat tersumbat dan tampak besar sehingga akhirnya muncul jerawat. 

Pori-pori yang membesar ini juga dapat terjadi karena dipengaruhi oleh faktor genetik dan kerusakan akibat sinar matahari. Diketahui dari laman Healtshots, sinar UV bisa mengurangi produksi kolagen yang dapat berdampak pada pori-pori kulit.

Akan tetapi, masih ada kebiasaan-kebiasaan lainnya yang bisa membuat pori-pori kulit menjadi membesar. Kebiasaan ini tak bisa dianggap sepele karena dapat mempengaruhi kesehatan kulit. 

BACA JUGA:Ternyata Daun Binahong Bagus Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Berikut Penjelasannya

Apa saja kebiasaan yang perlu dihindari agar pori-pori tidak membesar? Berikut ini penjelasannya:

1. Lupa Membersihkan Riasan Wajah

Menghapus makeup tidak boleh diabaikan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit wajah/copyright freepik/KamranAydinov

Penggunaan produk kosmetik untuk aktivitas sehari-hari dapat menutupi pori-pori kulit wajah. 

Misalnya saja dengan menggunakan alas bedak, concealer, atau bedak padat. Produk makeup ini dirancang khusus untuk menutupi segala kekurangan yang ada pada kulit. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa produk-produk makeup tersebut juga perlu untuk dihapus secara maksimal.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan

Apabila riasan wajah tidak dibersihkan dengan benar, justru akan timbul masalah lain yang dapat memperburuk kondisi kulit. Bahan-bahan yang ada di dalam kosmetik dapat menyumbat pori-pori, menumpuk kotoran, dan membuat pori-pori membesar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: