Ternyata Salep Jerawat yang Ampuh Mengandung Ini

Ternyata Salep Jerawat yang Ampuh Mengandung Ini

salep jerawat bisa dikatakan ampuh untuk satu orang dengan kondisi kulit tertentu, tetapi tidak untuk yang lain.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang kerap dialami tidak hanya pada masa remaja tetapi juga di usia dewasa. Ketika Jerawat muncul, orang-orang segera menggunakan produk perawatan seperti salep Jerawat.

Sayangnya, salep Jerawat yang dirancang secara khusus untuk mengatasi Jerawat tidak akan bekerja dengan baik jika tidak digunakan dengan benar.Maksudnya, kamu harus memperhatikan kandungan hingga cara menggunakannya.

BACA JUGA:Gunung Semeru Jawa Timur, Indahnya 'Puncak Abadi Para Dewa'

Salep jerawat adalah obat oles yang digunakan untuk mengatasi jerawat pada wajah. Jika masalah jerawat dinilai ringan maka kamu bisa membeli salep jerawat secara bebas di toko-toko.

Sebaliknya, apabila kondisi jerawat dirasa cukup parah, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.Dokter akan memberikan resep obat salep sesuai dengan kondisi kulit, termasuk tingkat keparahan masalah jerawat yang kamu alami.

BACA JUGA:Pesona Pulau Bair, Raja Ampat Mini di Kepulauan Kei yang Jarang Terekspos

Salep jerawat memang lebih sering digunakan oleh para remaja, tapi hal ini tidak berarti bahwa salep tidak bisa digunakan oleh orang dewasa. Orang dewasa dengan masalah jerawat pada wajah bisa dan boleh-boleh saja menggunakan Salep jerawat.

Nah, sebelum kamu membeli Salep jerawat di toko atau menerima resep dokter, kamu bisa memperhatikan beberapa bahan yang umumnya terkandung dalam Salep jerawat. Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA:Kekayaan Alam Raja Ampat, Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Kandungan dalam salep jerawat
Mengetahui sejumlah bahan yang terdapat dalam salep jerawat bisa membantu kamu terhindar dari kemungkinan risiko efek samping yang ada. Terlebih lagi, memilih salep jerawat dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit bisa meningkatkan efektivitas pengobatan.

Di bawah ini adalah sejumlah kandungan yang biasanya ada di dalam salep jerawat:
Benzoil peroksida
Asam salisilat
Asam alfa hidroksi
Sulfur
Differin (adapalene)
Aczone (dapsone)
Clindamycin
Erythromycin

BACA JUGA:Orpheus, Musisi Terhebat dan Sang Pahlawan Romantis Yunani

Tidak semua salep jerawat memiliki sejumlah kandungan di atas. Beberapa salep jerawat mungkin mengandung beberapa bahan lain seperti retinoid serta azelaic acid. Tapi, apakah salep jerawat hanya digunakan untuk mengobati jerawat? Coba simak indikasi penggunaan berikut.

Indikasi salep jerawat
Sesuai dengan namanya, salep jerawat dibuat secara khusus untuk mengatasi masalah jerawat. Jadi, tentu saja salep jerawat diindikasikan kepada mereka yang mengalami atau memiliki jerawat pada wajah.

BACA JUGA:Bayar Tagihan Listrik PLN Rp 100 Ribu Dapat _Official Merchandise_ Piala Dunia U-17, Ini Caranya

Akan tetapi, beberapa bahan yang terkandung dalam salep jerawat bisa saja membantu meringankan masalah pada kulit wajah lainnya seperti:
Menghilangkan minyak berlebih
Mengangkat sel kulit mati
Mencegah pori-pori tersumbat
Mengurangi peradangan pada kulit
Merangsang pertumbuhan kulit baru

Salep jerawat juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat. Tapi, ingatlah bahwa salep ini dibuat untuk mengatasi dan bukan untuk menyamarkan bekas jerawat.Jadi, kalau kamu ingin menyamarkan bekas jerawat sebaiknya tidak gunakan salep jerawat sebagai obat utama.Di sisi lain, berhati-hatilah setiap kali hendak menggunakan salep jerawat. Beberapa bahan yang terdapat di dalam salep mungkin bisa berdampak pada munculnya reaksi kulit.

BACA JUGA:Yuk Kenali Mainan yang Dukung Tumbuh Kembang Sensori Anak

Efek samping salep jerawat
Salep jerawat dinilai terbaik oleh penggunanya jika bekerja dengan baik dan tidak menyebabkan iritasi. Sayangnya, sebelum menemukan salep jerawat yang tepat, kamu mencoba beberapa salep yang bisa berpotensi membawa efek samping seperti:
Iritasi pada kulit
Muncul sensasi terbakar pada kulit
Kulit terasa melepuh
Kulit terasa keras
Kulit menjadi kering hingga mengelupas
Rasa gatal
Kemerahan pada kulit
Muncul pembengkakan
Adanya ruam kulit

BACA JUGA:Permainan Tradisional Ini Nyaris Punah! Padahal Menyenangkan dan Menyehatkan

Dalam kasus yang parah, seseorang dengan kulit sensitif bisa saja mengalami efek samping yang tidak biasa yakni:
Sesak napas
Pingsan
Gatal-gatal yang parah
Wajah, mata, bibir, hingga lidah membengkak
Rasa sesak di tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: