Yuk Kenali Mainan yang Dukung Tumbuh Kembang Sensori Anak

Yuk Kenali Mainan yang Dukung Tumbuh Kembang Sensori Anak

tekstur pada mainan anak bisa membantu anak mengenal dan merasakan sensasi yang berbeda saat ia memegang mainan tersebut dengan tangan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Anak mulai belajar mengenai dunia dengan menggunakan sistem sensorinya. Mulai dari menyentuh, merasa, melihat, mendengar, dan koordinasi tubuh, semuanya membutuhkan kemampuan sensori. Oleh karena itu, mendorong pertumbuhan sensori melalui kegiatan sehari-hari Anak.

Mainan adalah salah satu alat yang bisa melatih tumbuh kembang sensori motorik Anak. Jenis Mainan tertentu didesain dengan tujuan menstimulasi panca indra Anak, sehingga sangat cocok untuk mengembangkan kemampuan ini.

BACA JUGA:Ini Dia Tanda-tanda Kamu Sudah Terlalu Boros Belanja Pakaian

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mendukung tumbuh kembang sensori sejak dini dengan cara memberikan mainan yang tepat di masa pertumbuhan. Maka dari itu, baik ibu maupun ayah harus mengetahui mainan yang bisa mendukung tumbuh kembang sensori Si Kecil.

Mainan yang sebaiknya orang tua cari untuk melatih perkembangan sensori anak sedini mungkin adalah mainan Infant Developmental Toys. Jenis mainan ini khusus memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan anak khususnya di usia dini. Contoh mainan yang termasuk dalam kategori ini antara lain:

BACA JUGA:Lebih Utama Mana Sholat Tahajud atau Sholat Rawatib? Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

1. Mainan bertekstur
Mainan tertentu bisa memiliki tekstur dan bentuk yang khusus, seperti mainan bergerigi atau boneka berbulu. Nah, tekstur pada mainan anak bisa membantu anak mengenal dan merasakan sensasi yang berbeda saat ia memegang mainan tersebut dengan tangan.Jika ibu masih bingung Mainan bertekstur seperti apa yang anak akan sukai, ibu bisa mencari tahu seputar Permainan Sensorik yang Baik untuk Balita.

2. Alat musik anak atau mainan berbunyi
Mainan yang mengeluarkan bunyi atau suara tertentu seperti piano mini atau ukulele dapat merangsang pendengaran anak. Selain itu, mainan yang bisa mengeluarkan suara ketika menekan suatu tombol atau menggerakkan bagian tertentu juga bisa mendorong tumbuh kembang sensori anak di bagian pendengaran.

BACA JUGA:Bukan Makanan Pedas dan Telat Makan, dr Zaidul Akbar Ungkap Penyebab Asam Lambung Naik

3. Mainan gerak atau alat olahraga anak
Segala jenis mainan yang bisa melibatkan gerak fisik seperti sepeda roda tiga, perosotan kecil, atau bola bisa mengembangkan koordinasi motorik anak. Melalui mainan ini, anak dapat belajar mengendalikan tubuh mereka, mengasah keterampilan motorik kasar, dan meningkatkan keseimbangan. Tidak hanya itu, mainan ini bisa mendorong anak untuk berkeringat sehingga tubuh bisa tetap sehat.

Cara Memilih Mainan Sensori yang Terbaik

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis mainan yang bisa mendorong tumbuh kembang sensori anak, tahap berikutnya adalah memilih mainan dengan kualitas terbaik antara banyaknya merek mainan yang tersedia di pasaran saat ini.

BACA JUGA:Alami Alergi udang? Sediakan Obat Alergi Ini saat Kambuh

Untuk mainan Infant Developmental Toys, ada baiknya memilih brand yang memang terfokus pada kategori tersebut. Contohnya manufaktur mainan yang khusus menyediakan Infant Developmental Toys untuk anak umur 0-18 bulan adalah Playgro.

Playgro memiliki beragam kategori produk untuk permainan anak, antara lain on the go, rattling & teething, bath time, bed time, dan juga large activity floor play. Tiap kategori ini berfungsi untuk mengasah kemampuan sensori anak dengan cara yang menyenangkan.

BACA JUGA:Akikah Adalah Ibadah Sekali Seumur Hidup

Terlebih lagi, orang tua tidak perlu khawatir dengan keamanan anak karena semua mainan Playgro sudah BPA dan PVC Free. Nah, tunggu apa lagi? Sekarang ibu dan ayah telah mengetahui jenis mainan yang tepat untuk mengembangkan kemampuan sensori anak dan juga mengetahui pilihan mainan terbaik.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: