Jarang Diketahui, Ini Dia Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini Dia Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam nangka membantu memperkuat daya tahan tubuh.--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Buah nangka atau jackfruit berasal dari pohon nangka bernama Artocarpus heterophyllus. Manfaat buah nangka berasal dari nutrisi dan senyawa penting, seperti vitamin A, vitamin C, serat, antioksidan, potasium dan mangan.

Buah ini memiliki kulit kasar dan berlekuk-lekuk dengan warna hijau atau kuning, bergantung pada tingkat kematangan. Meski berkhasiat, asupannya tetap tidak boleh berlebihan karena buah ini juga mengandung gas yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Daun Belimbing Wuluh Ampuh Atasi Berbagai Penyakit

Buah nangka mengandung karbohidrat, serat, protein, dan sejumlah vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, C, riboflavin, magnesium, kalium, tembaga, hingga mangan.Selain itu, Artocarpus heterophyllus juga kaya akan beberapa jenis antioksidan, yang memberikan manfaat kesehatan. Mengetahui kandungan nutrisi tadi, berikut beberapa manfaat Buah nangka untuk kesehatan:

1. Menangkal radikal bebas
Kandungan antioksidan, seperti isoflavon, fitonutrien, lignin, dan saponin pada nangka mampu mencegah kanker. Sebab, senyawa tersebut berfungsi menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.  Adapun, radikal bebas adalah zat yang dapat merusak sel-sel sehat sehingga memicu kanker.

Meski begitu, efektivitas nangka dalam mencegah kanker masih membutuhkan studi lebih lanjut.  Namun, bagaimana radikal bebas bisa memicu kanker dalam tubuh? Baca penjelasannya di artikel Waspadai Penyakit Kronis Karena Radikal Bebas.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi Selain Pisang!

2. Mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.Menurut studi yang terbit dalam International Journal of Food Science, nangka memiliki mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Buah, daun, dan kulit kayu nangka memiliki sejumlah sifat menguntungkan. Di antaranya, yaitu antikarsinogenik, antimikroba, antijamur, antiinflamasi, penyembuhan luka, dan efek hipoglikemik. Efek ini dapat membuat mengonsumsi buah ini membantu menurunkan risiko terserang penyakit dan terhindar dari potensi infeksi berbahaya.

Selain itu, sebagai salah satu makanan sehat, buah nangka kaya akan vitamin C, A, antioksidan, dan sejumlah mineral yang baik untuk memperkuat imun tubuh. Nah, sistem kekebalan yang kuat tentu dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

BACA JUGA:Mengenal Keindahan Pulau Enggano Sebagai Wisata Bahari Unggulan Bengkulu Utara

3. Mencegah kerusakan sel DNA
Lagi-lagi kandungan antioksidan pada buah kuning keemasan ini  berperan melindungi sel-sel DNA dalam tubuh. Kerusakan sel ini akibat radikal bebas yang memicu perubahan sel DNA. Perubahan tersebut bisa memicu penyakit berbahaya, salah satunya kanker.

4. Menyehatkan pencernaan
Menurut studi dalam Nutrition and Functional Foods in Boosting Digestion, Metabolism and Immune Health, nangka mengandung serat yang lumayan tinggi. Kandungan serat bisa membantu pergerakan usus sehingga BAB pun lancar. Tak hanya itu, getah nangka yang biasanya mengganggu juga bisa membersihkan saluran usus. Sebab, getah buah ini mengandung serat yang bertugas mengeluarkan racun pada sistem pencernaan.

BACA JUGA:Nelayan Kaur Meninggal Setelah Perahunya Digulung Ombak

5. Menjaga kesehatan kulit
Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sebab, kandungan antioksidannya dapat membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dini. Karena itu, buah ini direkomendasikan terutama untuk mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar ultraviolet (UV), polusi, dan asap kendaraan.

Selain sifat antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C yang tubuh butuhkan untuk memproduksi kolagen. Kolagen bekerja mengencangkan kulit, mencegah kerutan dan membuat kulit tampak bercahaya. Nah, selain nangka, masih ada beberapa buah lezat dan kaya nutrisi lainnya yang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Simak informasinya dalam artikel: Rutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari Dalam.

6. Meningkatkan kesehatan Jantung
Buah nangka juga memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan potasium, serat, dan antioksidannya dalam nangka. Sebab, ketiga komponen ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan mengurangi penumpukan plak yang dapat menghambat aliran darah ke jantung.

7. Menurunkan risiko peradangan
Makanan kaya vitamin C membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini termasuk juga buah yang satu ini. Penurunan peradangan dapat menghindarkan dari kemungkinan mengidap penyakit kronis.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Gelar Gerakan Pangan Murah

8. Membantu menurunkan berat badan
Tentu saja bila bersamaan dengan pola diet yang sehat. Walaupun tidak sebanyak makanan lain, misalnya kacang hijau, tapi nangka mengandung serat yang cukup signifikan. Selain baik untuk pencernaan, keberadaan serat dapat membantu dalam hal mengelola berat badan. Fiber dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan ngemil.

9. Salah satu asupan energi
Nangka merupakan salah satu buah yang menyediakan sumber karbohidrat terbaik. Dalam 100 gramnya mengandung 94 kalori. Ini membuat buah dengan sensasi kesat pada dagingnya tersebut memberikan asupan kenyang dan sumber energi yang baik. Selain sifat antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C yang tubuh butuhkan untuk memproduksi kolagen. Kolagen bekerja mengencangkan kulit, mencegah kerutan dan membuat kulit tampak bercahaya.

BACA JUGA:Indahnya Pantai Tangsi, Pantai Berwarna Merah Muda di Taman Nasional Komodo NTT

10. Menyehatkan sistem saraf
Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah nangka berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin B kompleks membantu menjaga fungsi saraf yang optimal, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

11. Meningkatkan metabolisme
Kandungan vitamin B kompleks dalam buah nangka membantu meningkatkan metabolisme tubuh. metabolisme yang sehat membantu tubuh membakar kalori lebih efisien, menjaga berat badan yang sehat, dan memberikan energi yang cukup.

BACA JUGA:Upah Minimum Provinsi 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: