Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Pertamamu

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Pertamamu

Idealnya budget harga mobil yang perlu dipersiapkan adalah maksimal setara dengan 1 tahun penghasilan kita. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Adakah diantara Anda yang sedang bersiap membeli mobil untuk pertama kalinya? Nah, untuk kamu yang baru pertama kali berencana beli mobil, maka artikel ini wajib kamu baca sampai selesai karena jika tidak direncanakan dengan baik dari sisi keuangannya, maka beli mobil bisa jadi keputusan yang malah bikin keuangan kita jadi berantakan karena beban biaya cicilan dan biaya tak terduga lainnya sampai bertahun-tahun kedepan.

BACA JUGA:Dari Bahan Alami, Inilah Herbal Penghilang Flek Hitam

Pada artikel kali ini, kita akan bahas tuntas tentang berbagai hal penting yang perlu diperhatikan saat pertama kali membeli mobil.Ini dia 4 poin penting sebelum beli mobil pertama kamu.

1. Cara Budgeting sesuai penghasilan dan breakdown biaya lainnya

2. Menentukan mobil sesuai budget, bukan keinginan

3. Beli secara cash atau kredit?

4. Tips mengajukan kredit mobil

BACA JUGA:Anggota TNI asal Bengkulu Gugur dalam Kontak Tembak di Papua

Cara Menentukan Budget Beli Mobil

Poin pertama adalah menentukan budget sesuai dengan penghasilan dan juga biaya-biaya lain saat membeli mobil. Idealnya budget harga mobil yang perlu dipersiapkan adalah maksimal setara dengan 1 tahun penghasilan kita. Mari kita buat simulasinya.

Misal pendapatan kita per bulan sebesar Rp.20,000,000 maka yang perlu dihitung adalah sebagai berikut:

Rp.20,000,000 x 12 bulan = Rp.240,000,000

Jadi idealnya harga maksimal mobil yang bisa kita beli adalah Rp.240,000,000,-

BACA JUGA:5 Keunikan dan Manfaat Tembiluk, Makanan dari Cacing Khas Suku Dayak Bulusu, Kalimantan Utara

Ini maksimal ya, Sahabat. Artinya boleh lebih rendah tetapi jangan sampai lebih tinggi dari itu, karena jika kita paksakan melebihi dari budget dikhawatirkan akan berpotensi dapat membebani keuangan kita di kemudian hari. Yang perlu kita ketahui bersama bahwa saat membeli mobil, kita belum selesai pada biaya belinya saja, akan tetapi ada biaya biaya lain seperti asuransi kendaraan, pajak, dan juga biaya balik nama. Akan sangat baik jika kita persiapkan biaya lainnya tersebut dengan menambahkan 5% dari budget. Contoh sebagai berikut:

Rp.20,000,000 x 12 = Rp.240,000,000

Biaya lainnya = 5%

Rp.240,000,000 x 5% = Rp.12,000,000

Jadi, saat kita membeli mobil dengan harga Rp.240,000,000, maka biaya ekstra yang perlu disiapkan adalah minimal sebesar Rp.12,000,000.

BACA JUGA:Tips Jitu Agar Rumah Bebas Maling dan Aman

Menentukan Mobil Sesuai Budget dan Kebutuhan

Setelah kita mengetahui berapa budget yang kita miliki, selanjutnya adalah mencari informasi seputar mobil apa saja yang mampu memenuhi kebutuhan kita dengan harga yang sesuai budget. Langkah pertama adalah lakukan evaluasi terlebih dahulu seperti apa lifestyle dan working style kita.

Apakah dalam keseharian kita menuju tempat kerja itu menempuh jarak jauh, sedang atau dekat? Rencana penggunaan mobil ini bakal sangat berpengaruh pada pilihan mobil kita. Seperti misalnya jika mobil tersebut diperuntukkan untuk jarak tempuh yang lumayan jauh, maka keiritan bahan bakar jadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Kemudian berapa anggota keluarga yang akan menaiki mobil tersebut? Jika kita sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak, lantas ukuran mobil juga akan berpengaruh pada efektifitas dan efisiensi kegunaannya.

BACA JUGA:Jangan Baca Istighfar Seperti ini Saat Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Bisa Jadi Sia-sia

Beli Cash atau Kredit

Beli mobil cash atau kredit punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing dan semuanya benar-benar tergantung dengan kondisi keuangan kamu. Kita lihat perbandingannya.

Kelebihan Beli Mobil Cash

Total uang yang dikeluarkan lebih murah oleh karena kita tidak perlu lagi membayar beban bunga dan biaya lain yang berkaitan dengan proses kredit. Memiliki fleksibilitas jika mobil akan dijual kembali kapan pun itu karena kita tidak terikat dengan perjanjian kredit dengan pihak leasing.

Kekurangan Beli Mobil Cash

Dana lump sum yang harus dibayarkan cukup mahal dan mungkin bakal menghabiskan sebagian besar dana cadangan kas kita, dimana kita mungkin perlu mempertimbangkan opportunity cost untuk berinvestasi pada aset lainnya.

BACA JUGA:Nasi Tiwul, Wisata Kuliner Khas Wonogiri Memiliki Tekstur dan Cita Rasa yang Unik

Kelebihan Beli Mobil Kredit

Membeli secara kredit tentu tidak terlalu menyandera kondisi finansial dalam jangka pendek, karena dana yang dibutuhkan di awal hanya beberapa puluh persen dari harga mobil, jadi dana lainnya bisa kita putar lagi untuk kebutuhan bisnis atau investasi. Sahabat bisa kunjungi https://sahabat.pegadaian.co.id/produk-cicil-kendaraan untuk mendapat penawaran terbaik Cicil Kendaraan di Pegadaian.

Kekurangan Beli Mobil Kredit

Tentu saja harga yang perlu bayar menjadi lebih mahal, karena ada beban bunga dan biaya lainnya. Kita tidak bisa menjual mobil tersebut sebelum cicilan lunas oleh karena ada perjanjian kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: