Menabung untuk Beli Rumah Tanpa Merasa Tertekan? Begini Caranya

Menabung untuk Beli Rumah Tanpa Merasa Tertekan? Begini Caranya

Cara menabung untuk beli rumah yang tidak bisa dikesampingkan adalah mengatur pengeluaran.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi kamu yang bermimpi ingin punya rumah sendiri, terapkan cara menabung untuk beli rumah dari sekarang. Setiap tahun, harga properti semakin meningkat. Maka dari itu, diperlukan biaya yang besar untuk membeli rumah hunian untuk ditinggali bersama keluarga.

Agar dapat mencukupi kebutuhan biaya beli rumah, kamu perlu menabung dengan cara yang tepat, termasuk menentukan prioritas keuangan dalam periode waktu tertentu. Cara menabung untuk beli rumah sebenarnya tidak terlalu rumit, namun diperlukan keuletan sendiri untuk melakukannya. Yuk simak cara-caranya di bawah ini!

BACA JUGA:Jangan Sholat Tahajud dalam Keadaan Seperti ini, Buya Yahya: Lebih Baik Tidur

Agar dapat mewujudkan impian beli rumah sendiri, sahabat perlu tahu cara menabung yang benar. Adapun langkah-langkah yang bisa diterapkan sebagai berikut:

1. Membuat Rencana Menabung Secara Terperinci
Cara menabung untuk beli rumah yang pertama dan paling penting adalah membuat rencana menabung secara terperinci. Di sini, diperlukan tekad dan keinginan kuat untuk membuat impian memiliki rumah sendiri terwujud.

Dalam membuat rencana menabung secara terperinci, sahabat perlu melakukan riset pasar dan mengetahui down payment (DP) untuk membeli rumah.Setelah itu, perkirakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk membeli rumah hingga lunas. Adapun biaya lain yang perlu dipertimbangkan adalah pajak bumi dan bangunan serta pembayaran notaris.

2. Menentukan Nominal dan Waktu Menabung
Setelah mengetahui uang yang perlu dibayarkan untuk beli rumah, sahabat juga perlu menentukan nominal dan waktu menabung yang tepat agar dapat mencapai target. Agar tidak merasa terbebani, sahabat bisa menetapkan nominal dan waktu menabung yang sesuai dengan kemampuan.

BACA JUGA:Update Harga, Segini Harga Mobil Bekas Nissan X-Trail Saat Ini

Pastikan anggaran yang dibuat tidak melebihi pendapatan bulanan agar sahabat masih bisa memenuhi kebutuhan harian di samping menabung.Dalam tahap ini, sahabat bisa menerapkan strategi alokasi keuangan 50:30:20, di mana 50% pendapatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk menabung, dan 20% untuk dana darurat. Alokasi dana tersebut dapat menjadi cara menabung untuk beli rumah yang tidak membebani sahabat dalam memenuhi keperluan belanja barang pokok.

3. Menetapkan Target Menabung
Salah satu tips menabung untuk beli rumah yang perlu diterapkan adalah menetapkan target menabung. Di sini, target menabung sendiri adalah total biaya yang dibutuhkan untuk beli rumah serta pembayaran pajak dan notaris.Hitung total biaya yang dibutuhkan berdasarkan perkiraan tersebut. Dengan begitu, sahabat bisa menentukan target menabung dan lebih semangat untuk melakukannya.

4. Memisahkan Rekening Tabungan
Ingin tahu cara menabung untuk beli rumah yang efektif? Pisahkan rekening tabungan dengan rekening pendapatan.Dengan begitu, sahabat bisa melihat seberapa efektif progres menabung. Tabungan pun tidak harus berbentuk uang.Sahabat bisa menabung aset investasi yang nilainya terus naik agar dapat mendapatkan keuntungan lebih sehingga bisa mencapai target lebih cepat.

BACA JUGA: Agar Berat Badan Ideal, Konsumsi Vitamin Penambah Nafsu Makan Ini

5. Mencatat Biaya Belanja
Cara menabung untuk beli rumah yang tidak bisa dikesampingkan adalah mengatur pengeluaran. Adapun hal yang bisa dilakukan di sini yaitu mencatat Biaya Belanja.Buatlah spreadsheet yang mencakup daftar belanja beserta harganya agar bisa diakses di mana pun dan kapan pun, termasuk di smartphone.Dalam daftar belanja ini, catatlah pengeluaran rutin, termasuk tagihan bulanan, kebutuhan sehari-hari, bensin untuk kendaraan, hingga biaya parkir.

6. Menghemat Pengeluaran
Setelah melihat daftar belanja, sahabat pun bisa melihat pengeluaran mana yang perlu dikurangi dan digunakan untuk dimasukkan tabungan beli rumah.Ingatlah untuk mengurangi pengeluaran tersebut dan mengalokasikannya untuk mengumpulkan uang beli rumah.

Dengan menambah jumlah uang tabungan, target pun akan tercapai lebih cepat dan tabungan dapat segera dicairkan untuk membeli rumah impian.Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat pembelian rumah adalah membeli barang-barang pokok bertanda diskon.

BACA JUGA:Belum Banyak Yang Tahu, Berikut Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan

Agar dapat menekan pengeluaran lebih baik, sahabat pun bisa membandingkan harga barang di toko satu dan lainnya. Belanjalah di toko-toko yang menjual barang dengan harga miring agar pengeluaran untuk kebutuhan belanja rutin tidak membengkak.

7. Mengevaluasi Proses Menabung
Penerapan cara menabung untuk beli rumah tidak lengkap tanpa evaluasi rutin proses menabung. Lakukan langkah ini setiap bulan setelah satu periode menabung selesai. Cek apakah terjadi perubahan nilai tabungan yang menandakan kemajuan atau kemunduran progres. Jika terjadi penurunan nilai, maka itu artinya kegiatan menabung tidak optimal.Cobalah identifikasi penyebab dari menurunnya nilai tabungan dan carilah solusi untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak menghambat progres ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: