7 Vitamin Penting Ini Jadikan Rambut Lebih Sehat

7 Vitamin Penting Ini Jadikan Rambut Lebih Sehat

Penggunaan vitamin ini membantu agar rambut tetap sehat dan optimal serta mencegah kekurangan nutrisi pada rambut.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak orang mengalami masalah rambut, seperti rambut rontok, tipis, dan kering. Diperlukan vitamin, protein, dan mineral untuk menghasilkan rambut yang sehat. Oleh karena itu, menggunakan vitamin untuk rambut adalah hal yang penting.

Lantas, apa saja vitamin yang baik untuk kesehatan rambut? Bagaimana cara menggunakan vitamin rambut? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini sampai selesai.Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsinya dengan normal. Sebagian besar vitamin diperoleh dari makanan. Mendapatkan terlalu sedikit asupan vitamin dapat menimbulkan masalah kesehatan.

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Tahajud Digabung dengan Sholat Hajat, Ini Kata Buya Yahya

Vitamin untuk rambut adalah suplemen yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Vitamin membantu meningkatkan pertumbuhan, ketebalan, dan kekuatan rambut.Penggunaan vitamin ini membantu agar rambut tetap sehat dan optimal serta mencegah kekurangan nutrisi pada rambut.

Nutrisi yang terdapat di dalam makanan yang kamu makan, bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Nutrisi ini bisa membantu produksi hormon yang berkaitan dengan kesehatan rambut. Berikut ini adalah beberapa zat dan vitamin untuk rambut.

1. Vitamin B
Vitamin B bertugas membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala sehingga membantu pertumbuhan rambut. Salah satu contoh vitamin B adalah vitamin B7 atau biotin. Kadar biotin yang rendah dapat menyebabkan rambut rontok.

Selain rambut rontok, hal ini juga dapat menyebabkan ruam kulit dan kuku rapuh. Kadar biotin yang rendah biasanya dialami oleh ibu hamil atau menyusui dan orang yang mengonsumsi antibiotik atau obat epilepsi tertentu.

BACA JUGA:Amalkan Ini Setelah Sholat Tahajud, InsyaAllah Hajat Segera Terkabul

Vitamin B bisa diperoleh dari beberapa makanan, seperti:
Kacang almond
Daging
Ikan
Biji-bijian utuh
Makanan laut
Sayuran berdaun hijau gelap
Vitamin B kompleks mencakup delapan zat vitamin yang larut dalam air, antara lain tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), vitamin B6, biotin (B7), folat, dan vitamin B12.

Dari delapan zat vitamin ini, hanya kekurangan riboflavin, biotin, folat, dan vitamin B12 yang berkaitan dengan kerontokan rambut. Menariknya, penurunan kadar vitamin B12 pada seseorang tidak memberi efek buruk pada rambut, seperti kerontokan rambut.

2. Vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga penting untuk rambut. Jika kadar vitamin D dalam tubuh kamu rendah, hal ini bisa menimbulkan kerontokan rambut. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Selain itu, agar kadar vitamin D dalam tubuh meningkat, kamu dapat mengonsumsi:
Ikan berlemak
Susu

BACA JUGA:Cokelat Bubuk Untuk Kecantikan, Begini Cara Menggunakannya

3. Vitamin E
Merujuk pada Health Line, ada sebuah penelitian terhadap orang yang mengalami kerontokan rambut. Setelah mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan, pertumbuhan rambutnya meningkat hingga 34,5%.
Makanan yang merupakan sumber vitamin E, antara lain:
Almond
Bayam
Alpukat

4. Vitamin A
Vitamin A membantu kelenjar kulit dalam memproduksi sebum. Sebum dapat melembabkan kulit kepala dan menjaga agar rambut tetap sehat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rambut membutuhkan vitamin A supaya tetap lembab dan tumbuh.

Makanan yang mengandung vitamin A, antara lain:
Ubi jalar
Wortel
Labu
Bayam
Kangkung
Telur
Yogurt
Susu
Kelebihan dalam mengonsumsi vitamin A juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Dilansir dari NCBI, tahun 1979 terdapat kasus wanita usia 28 tahun yang mengalami kerontokan rambut.

BACA JUGA:Pelantikan Pengurus IKA FK UNSRI Provinsi Bengkulu, Rohidin: Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik ke Masyarakat

Penyelidikan mengungkapkan bahwa dia mengonsumsi suplemen vitamin A (1.500 mcg) setiap hari. Kadar serum vitaminnya jauh di atas normal. Satu bulan setelah berhenti mengonsumsi vitamin A, tidak ada lagi masalah kerontokan rambut.

5. Vitamin C
Radikal bebas dapat menghambat pertumbuhan rambut. Tubuh memerlukan vitamin C untuk membantu pembentukan kolagen sehingga mencegah rambut dari penuaan. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.
Sumber vitamin C, antara lain:
Stroberi
Paprika
Jambu biji
Jeruk

6. Zinc
Zinc berperan dalam membentuk protein di rambut. Kamu bisa mendapatkan zinc dari makanan atau suplemen. Kadar zinc yang rendah dapat mengakibatkan rambut rontok. Zinc punya peranan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut.Zat ini juga membantu agar kelenjar minyak di sekitar folikel bekerja dengan baik. Dosis zinc yang terlalu tinggi juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut.

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Bekas Rp 80 jutaan, Datsun Go+ Panca Bisa Menjadi Pilihan

Kamu berisiko mengalami kekurangan zinc jika:
Sedang hamil atau menyusui
Memiliki penyakit usus atau diare yang parah
Memiliki penyakit ginjal

Kamu bisa mendapatkan zinc dengan mengonsumsi:
Daging
Kacang polong
Kacang-kacangan dan biji-bijian
Tiram
Bayam
Gandum
Biji labu
Lentil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: