5 Rekomendasi Destinasi Wisata Gunung di Aceh

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Gunung di Aceh

Pemandangan sunrise dari puncak Gunung Guereudong. -Sumber : Akun Instagram @cibihababetoi-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bicara mengenai gunung memang tidak ada habisnya mulai dari Sabang hingga Marauke pasti destinasi wisata dengan vibes pendakian yang menantang selalu di incar oleh para pendaki di seluruh indonesia, tak hanya di pulau jawa saja yang terdapat destinasi wisata pendakian gunung, nah di Nanggroe Aceh Darusalam juga adalah destinasi wisata pendakian gunung yang menarik untuk kamu kunjungi. yuk simak ulasan berikut ini: 

Berikut daftar rekomendasi gunung di Aceh yang bisa dinaiki untuk mengibarkan Bendera Merah Putih:

1. Gunung Leuser


Gunung Lauser Aceh-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Gunung Leuser adalah gunung tertinggi di Aceh yang memiliki tinggi mencapai 3.466 MDPL. Bahkan puncak gunung Leuser menjadi gunung tertinggi di Sumatera setelah gunung Kerinci di Jambi. Gunung Leuser ini sendiri memiliki tiga puncak, yakni Puncak Leuser, Puncak Loser, dan Puncak Tanpa Nama sebagai puncak tertingginya.

BACA JUGA:Gunung Patah Bengkulu, Memiliki 3 Puncak, Habitatnya Flora dan Fauna Khas Sumatera

Dilansir dari laman wikipedia.org Taman Nasional Gunung Leuser (biasa disingkat TNGL) adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Aceh yang terdeliniasi TNGL meliputi wilayah Aceh Tenggara , Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatera Utara yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Dairi, Karo, dan Langkat

Jalur pendakian Gunung Leuser cukup sulit untuk ditaklukkan karena medannya berbeda jauh dari jalur gunung lain yang ada di Indonesia.Pendaki setidaknya harus menemupuh waktu kurang lebih 16 hari untuk naik dan turun.

Jalurnya pun sangat menantang dan terjal dengan dua pilihan jalur dari arah utara (Desa Kedah) atau dari jalur Selatan.

2. Gunung Peut Sagoe


Pemandangan sunset yang memukau dari puncak Gunung Peut Sagoe. -Sumber: Akun Instagram @gunung_peuet_sagoe-

Gunung Peut Sagoe adalah gunung yang berada di wilayah Tangse, Pidie. Gunung berjenis Starrtos ini menjulang tinggi dengan memiliki empat buah puncak sekaligus. Gunung Peut Sagoe memiliki ketinggian 2.780 Mdpl. Secara geografis gunung ini terletak pada 40 55,5 ‘ LU dan 960 20’ BT dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Pidie. bentuk gunung ini termasuk vulkanik termasuk gunung api Muda (Kwarter).

BACA JUGA: Ingin Mendaki Gunung Diakhir Tahun, Ini yang Harus Disiapkan

Gunung Puet Sago ini berada di wilayah Tangse, Kabupaten Pidie, memiliki tinggi mencapai 2.780 MDPL.Dengan tipe strato, gunung Peut Sagoe termasuk gunung berapi aktif dan juga mempunyai empat kawah pada bagian puncaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: