Ini yang Paling Ditakuti Dajjal Menjelang Terjadinya Hari Kiamat

Ini yang Paling Ditakuti Dajjal Menjelang Terjadinya Hari Kiamat

Dajjal akan menyesatkan umat manusia di akhir zaman. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa tidak ada fitnah yang lebih besar melebihi fitnah Dajjal.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dajjal menjadi salah satu tanda kiamat yang dampaknya disebut sangat dahsyat. Ada pendapat yang mengatakan, Dajjal takut pada satu hal. Munculnya Dajjal sebagai tanda kiamat disebutkan dalam sejumlah hadits shahih. Salah satunya dari riwayat Hudzaifah bin Usaid, sebagaimana termuat dalam kitab Nihayatul 'Alam karya Muhammad al-'Areifi. Hudzaifah menuturkan, pada suatu hari Nabi SAW menemui para sahabat ketika mereka sedang berbincang-bincang.

Beliau SAW lalu bertanya, "Apa yang sedang kalian perbincangkan?" Mereka menjawab, "Kami sedang memperbincangkan hari kiamat. Beliau pun bersabda:

BACA JUGA:Apakah Yakult Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

"Sesungguhnya kiamat belum akan terjadi sampai kalian melihat sepuluh tanda: kemunculan kabut, keluarnya Dajjal, keluarnya binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, amblasnya bumi di tiga tempat, yaitu di timur, di barat, dan di Jazirah Arab. Lalu, yang terakhir api yang keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Padang Mahsyar." (HR Muslim. Hadits ini juga termuat dalam Musnad Ahmad dan Sunan Al-Arba'ah)

Ibnu Katsir dalam kitab An-Nihayah Fi Al-Fitan wa Al-Malahim memaparkan sebuah hadits yang menyebut bahwa Dajjal akan muncul di tempat yang bernama Khurasan. Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya, Dajjal muncul dari bumi di sebelah timur yang bernama Khurasan. Ia diikuti oleh kaum yang wajahnya laksana perisai yang ditempa." (HR Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah. At-Tirmidzi menyatakan shahih)

BACA JUGA:Minum Susu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Abu Hurairah RA turut meriwayatkan dari Rasulullah SAW perihal kemunculan Dajjal. Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Niscaya Dajjal akan turun di Hauran dan Karman dengan 70.000 pengikut. Wajah-wajah mereka laksana perisai yang di tempatnya." (HR Ahmad dalam Al Musnad. Ibnu Katsir mengatakan isnad hadits ini jayyid, kuat, dan hasan)

BACA JUGA:Pinjol Legal Jangan Tak Dibayar! Ini Ancamannya

Ada sejumlah peristiwa menjelang kemunculan Dajjal. Merangkum kitab An-Nihayah Fi Al-Fitan wa Al-Malahim karya Ibnu Katsir dan Al-Masih Al-Muntazhar wa Nihayah Al-Alam karya Abdul Wahab Abdussalam Thawilah, berikut beberapa tanda-tanda kedatangan Dajjal menurut hadits:

Menurunnya agama dan ilmu merosot
Manusia lupa mengingat Allah SWT
Bencana kelaparan melanda manusia
Terjadinya paceklik selama tiga tahun menjelang kemunculan Dajjal
Banyak para pendusta
Pembunuhan merajalela
Terjadinya huru-hara
Harta melimpah
Banyak fitnah bertebaran
Bahaya Kesesatan Dajjal

BACA JUGA:Cara Menghasilkan Uang dari HP, Kerja Online Dibayar 300 Ribu Tiap Hari

Dajjal akan menyesatkan umat manusia di akhir zaman. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa tidak ada fitnah yang lebih besar melebihi fitnah Dajjal.

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR Muslim)

Imam Ahmad dalam Al Musnad mengeluarkan sebuah hadits yang berisi perintah agar menjauhi Dajjal. Hadits ini berasal dari Imran bin Hushain dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda,

"Siapa yang mendengar Dajjal, hendaknya ia menjauhinya. Siapa yang mendengar Dajjal, hendaknya ia menjauhinya. Siapa yang mendengar Dajjal, hendaknya ia menjauhinya. Seseorang mendatanginya dan mengira bahwa Dajjal itu orang mukmin. Orang itu tetap bersamanya karena ia memiliki syubhat sehingga orang itu mengikutinya." (HR Ahmad dan isnadnya jayyid)

BACA JUGA:Miliki Kulit Wajah Kombinasi? Begini Tips Perawatannya

Hal yang Ditakuti Dajjal
Ada suatu pendapat yang mengatakan bahwa Dajjal takut pada dukhan (kabut/asap/debu). Pendapat ini dipaparkan Wisnu Sasongko dalam buku Armageddon: Peperangan Akhir Zaman Menurut Al-Qur'an, Hadits, Taurat, dan Injil saat membahas Al-Malhamah, huru-hara besar jelang kiamat.

Ia menjelaskan, saat terjadinya Al-Malhamah, meteor akan jatuh ke bumi yang menyebabkan ledakan dahsyat hingga menimbulkan debu-debu beterbangan berbentuk kabut. "Hal inilah yang menyebabkan Dajjal menjadi cacat dan pasukannya hancur lebur," jelas Sasongko dalam buku tersebut. Namun belum menemukan hadits yang secara jelas membahas bahwa Dajjal takut pada dukhan. Namun, ada sebuah riwayat yang menjelaskan terkait hal ini.

BACA JUGA:Kerja Online untuk Mahasiswa, Daftar ke Situs Ini Bisa Gajian 100 Ribu Tiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: