Ingin Melamar Pekerjaan, Ini 8 Berkas yang Sering Diminta Perusahaan

Ingin Melamar Pekerjaan, Ini 8 Berkas yang Sering Diminta Perusahaan

Berkas Lamaran Pekerjaan yang Sering Diminta Perusahaan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Kedua dokumen ini umumnya dijadikan sebagai persyaratan administratif dalam proses perekrutan. Perusahaan meminta dokumen ini sebagai bukti latar belakang pendidikan, terutama pada tingkat pendidikan formal seperti sekolah dan universitas.

Untuk memenuhi persyaratan ini, tidak perlu menyertakan ijazah asli; fotokopi sudah cukup. Fokus hanya pada pendidikan terakhir yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jika Anda merupakan Sarjana (S1), lampirkan transkrip hasil kuliah Anda.

Baik Anda melamar secara offline atau online, disarankan untuk menambahkan tanda air atau watermark pada dokumen-dokumen tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan data dan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Sertifikat dan piagam penghargaan

Bagian ini ditujukan bagi Anda yang memiliki sejumlah sertifikat dari berbagai pelatihan dan kompetisi, baik yang bersifat akademis maupun non-akademis.

Sertifikat yang dapat dicantumkan mencakup pelatihan, seperti kursus pemasaran digital, analisis data, atau penggunaan Adobe Premiere Pro. Selain itu, anda juga dapat menyertakan sertifikat hasil ujian bahasa seperti TOEFL, IELTS, atau TOEIC.

Menyertakan sertifikasi dan piagam penghargaan dapat meningkatkan nilai anda sebagai pelamar, membuat Anda terlihat lebih unggul di mata rekruter.

Penting untuk selalu mengingat agar hanya mencantumkan sertifikat yang relevan dengan posisi yang dilamar. Dengan begitu, anda dapat menunjukkan kepada perusahaan bahwa anda memiliki keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang ditawarkan.

BACA JUGA:Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Amalkan Doa Berikut

BACA JUGA:Agar Pekerjaan Menjadi Mudah dan Terasa Enteng, Amalkan Amalan Berikut ini

6. Pas foto terbaru

Beberapa perusahaan mungkin meminta Anda untuk menyertakan pas foto dalam lamaran. Pastikan untuk menyiapkan foto yang bersifat profesional, walaupun tidak selalu harus formal; foto casual pun dapat diterima. Yang terpenting, hindari penggunaan foto asal-asalan.

Ukuran foto yang diminta dapat bervariasi, mulai dari 3x4 hingga 4x6, tergantung pada kebijakan perusahaan yang bersangkutan. Jika Anda mengajukan lamaran secara online, perhatikan resolusi foto yang diminta. Pastikan foto Anda tidak buram atau pecah-pecah, sehingga memberikan kesan yang jelas dan profesional kepada pihak yang melakukan peninjauan lamaran Anda.

7. Fotokopi Identitas pribadi

Syarat yang perlu kamu sangat perhatikan dan hati-hati. Identitas pribadimu jangan sampai pada perusahaan abal-abal. Kamu perlu mengecek loker yang dilamar fiktif atau bukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: