Bolehkah Membiarkan Rice Cooker Terus Menyala, Begini Penjelasannya

Bolehkah Membiarkan Rice Cooker Terus Menyala, Begini Penjelasannya

Rice cooker-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rice cooker alias penanak nasi, adalah salah satu perangkat elektronik dapur yang berguna untuk membuat kegiatan memasak nasi menjadi mudah. 

Jika seseorang menginginkan nasi, mereka cukup memasukkan beras ke dalam rice cooker, tambahkan air, dan biarkan matang secara otomatis setelah menekan tombol 'cook' atau memasak. 

Rice cooker melakukan segalanya menjadi lebih mudah bagi setiap pemiliknya, mulai dari mengatur waktu masak nasi hingga mengubahnya menjadi hangat saat sudah matang.  

Dari segala kecanggihan benda satu ini, mungkin kamu bertanya, apakah bisa dan aman membiarkan rice cooker terus menyala tanpa pengawasan? 

BACA JUGA:Agar Lebih Awet Jangan Asal Membersihkan Rice Cooker, Begini Caranya

Dilansir Kitchens Nitches, tidak apa-apa membiarkan rice cooker menyala tanpa pengawasan, karena rice cooker akan mematikan atau mengubah suhu menjadi hangat saat nasi selesai dimasak. 

Namun, kualitas nasi yang ada di dalamnya mungkin menurun jika kamu membiarkannya di dalam rice cooker terlalu lama. Selain itu, ada bahaya kesehatan dan bahaya kebakaran yang harus kamu pertimbangkan. 

Apa yang terjadi saat meninggalkan rice cooker tanpa pengawasan?

Rice cooker adalah alat elektronik yang benar-benar bebas repot, colokan ke sumber listrik dan tinggalkan. Oleh karena itu, banyak orang yang membiarkan rice cookernya menyala selama 48 jam. 

Rice cooker memiliki fitur penghangat yang menyala saat nasi selesai dimasak, jadi orang membiarkannya tetap menyala untuk menjaga nasi tetap hangat. 

BACA JUGA:Tips Mencegah Nasi Menempel di Panci Rice Cooker

Tapi apakah ini aman? Beberapa hal yang harus diperhatikan saat meninggalkan rice cooker tanpa pengawasan antara lain sebagai berikut. 

1. Bahaya Kesehatan 

Bahaya kesehatan seputar nasi dalam rice cooker bisa terjadi jika kamu meninggalkan nasi di dalam rice cooker selama lebih dari 24 jam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: