Jangan Salah Beli, Begini Cara Menentukan Ukuran Rice Cooker

Jangan Salah Beli, Begini Cara Menentukan Ukuran Rice Cooker

cara menentukan ukuran rice cooker-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rice cooker atau penanak nasi tersedia dalam berbagai bentuk dan memiliki berbagai fitur. 

Akan tetapi, semua rice cooker memiliki satu kesamaan, yakni ukurannya berdasarkan kapasitas. 

Bagaimana cara memilih ukuran rice cooker agar sesuai dengan kebutuhan? Berikut penjelasannya.

Kapasitas rice cooker diukur dalam cangkir atau cup. Ukuran rice cooker yang paling umum adalah 2, 4, 6, dan 8 cup, adapun untuk rice cooker besar dapat menampung 16 bahkan hingga 32 cup. 

BACA JUGA:Sumsel Dapat Jatah Bantuan 10.844 Rice Cooker Gratis, Penerimanya Diusulkan dari sini

Namun, jangan langsung mengambil kesimpulan terlalu cepat. Jika Anda membeli rice cooker 2 cup, bukan berarti Anda bisa memasak 2 cup nasi di dalamnya. 

Sebab, untuk menanak nasi, Anda perlu mengisi panci rice cooker dengan air paling tidak sebanyak itu. Sebagian air diserap oleh beras selama memasak, sisanya berubah menjadi uap dan keluar dari panci. 

Untuk mengetahui berapa banyak beras yang dapat ditampung oleh rice cooker, bagi kapasitas totalnya dengan dua. Misalnya, penanak nasi 2 cup dapat menampung 1 cup beras dan 1 cup air. Rice cooker 4 cup dapat menampung 2 cup beras dan 2 cup air. 

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Bulan November Dipastikan Bantuan Rice Cooker Gratis Dibagikan

Sementara itu, rice cooker 6 cup dapat menampung 3 cup beras dan 3 cangkir air, dan seterusnya. Seberapa besar rice cooker yang dibutuhkan? 

Pertimbangkan seberapa sering Anda memasak nasi setiap hari. Ini akan membantu Anda menentukan seberapa besar rice cooker yang benar-benar Anda butuhkan. 

Jika Anda tidak tahu atau tidak yakin, pikirkan tentang jumlah orang yang tinggal di rumah. Sebagai pedoman umum, 1 cangkir beras menghasilkan 2 sampai 3 porsi nasi matang. 

Berikut pedoman sederhana ukuran rice cooker sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang ada di rumah.

Jika Anda tinggal sendirian, Anda bisa menggunakan rice cooker kapasitas 2 cup. Adapun untuk rumah tangga yang terdiri dari 2 hingga 3 orang, gunakan rice cooker berukuran 3 hingga 5 cup. Untuk rumah tangga dengan 4 orang atau lebih, gunakan rice cooker berukuran 8 cup atau lebih besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: