Malam Jumat, Antara Keistimewaan dan Kengerian Nuansa Magis Misterius

Malam Jumat, Antara Keistimewaan dan Kengerian Nuansa Magis Misterius

Malam Jumat, menurut kalender Islam, adalah malam yang sarat dengan keberkahan. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Malam Jumat sebuah waktu yang dihiasi dengan nuansa magis dan misterius, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan masyarakat Jawa.

Mitos yang melingkupi malam ini membawa bersamaan aneka cerita seram tentang kemunculan makhluk halus, gangguan jin, dan kekuatan gaib yang merayap di kegelapan.Mari telusuri asal-usul serta makna dari mitos Malam Jumat yang telah mengakar kuat dalam budaya kita.

BACA JUGA:Inilah Kiamat Kubro Versi Jayabaya Terjadi Pada 2100

1. Malam Jumat dalam Kalender Islam: Keberkahan dan Keistimewaan
Malam Jumat, menurut kalender Islam, adalah malam yang sarat dengan keberkahan. Memiliki sejarah tersendiri, malam ini menyaksikan peristiwa Isra Mi'raj, perjalanan luar biasa Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan kemudian naik ke langit untuk bertemu dengan Allah SWT.

Lailatul Qadar, yang lebih baik dari seribu bulan, juga kerap jatuh pada malam Jumat. Ini adalah malam di mana malaikat dan roh turun dengan izin Allah. Oleh karena itu, malam Jumat seharusnya diisi dengan ibadah dan munajat kepada Allah.

BACA JUGA: Letusan Krakatau, Kiamat Kecil dari Ujung Selat Sunda

2. Malam Jumat dalam Kalender Jawa: Kliwon yang Menakutkan
Kontrast dengan pandangan Islam, kalender Jawa menyuguhkan malam Jumat yang berbeda.Berada di antara Jumat Kliwon dan Sabtu Pahing, hari-hari dianggap sial atau kurang baik. Malam ini, dikenal sebagai malam Jumat Kliwon, diyakini penuh dengan kejadian mistis seperti kemunculan makhluk halus, gangguan jin, dan kekuatan gaib.Masyarakat Jawa percaya bahwa malam ini merupakan waktu yang berbahaya, menghindari aktivitas di luar rumah atau di tempat-tempat angker.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim

3. Malam Jumat dalam Budaya Populer: Cerita Horor dan Tantangan Adrenalin
Malam Jumat juga menjadi inspirasi bagi budaya populer. Film Horor, novel, komik, dan cerpen sering memanfaatkan malam ini sebagai latar belakang cerita yang menakutkan. Tantangan atau uji nyali, seperti mandi kembang, ziarah kubur, atau tirakat, sering menjadi tema menarik bagi para penggemar adrenalin yang ingin membuktikan keberanian mereka.

Malam Jumat dianggap sebagai waktu yang menggoda bagi mereka yang ingin merasakan sensasi dan pengalaman di luar kebiasaan.Malam Jumat, dengan segala mitos dan ceritanya, membentuk bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Sementara malam ini memegang keberkahan dalam pandangan Islam, pandangan mistis dan menakutkan dalam budaya Jawa menambahkan warna yang unik.

BACA JUGA:Mobil Bekas Toyota Kijang Innova 2016, Berapa Harganya Sekarang?

Dalam dunia populer, malam Jumat menjadi panggung bagi cerita-cerita horor yang mendebarkan.Sebagai bagian dari identitas kita, malam Jumat tetap menjadi misteri yang memikat, menggoda, dan menuntun kita pada perenungan tentang batas antara kebenaran dan imaginasi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: