Maskne atau Jerawat Akibat Pakai Masker, Begini Tips Mencegahnya

Maskne atau Jerawat Akibat Pakai Masker, Begini Tips Mencegahnya

Mask Acne-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi sebagian besar orang kebiasaan memakai masker dapat menimbulkan jerawat pada kulit sehingga dikenal istilah maskne atau mask acne.

Maskne atau mask acne merupakan bentuk dari jenis acne mechanica atau jerawat yang muncul di tempat gesekan, tekanan, dan oklusi yang menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada folikel rambut. 

Acne mechanica juga timbul karena peningkatan panas dan kelembapan di bawah area masker yang menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menambah kemunculan jerawat. 

Biasanya maskne terjadi di area yang tertutup oleh masker antara lain hidung, mulut, pipi bagian bawah, dan dagu. Selain itu, jerawat karena penggunaan masker juga dapat terjadi karena penggunaan make up yang berlebihan.

BACA JUGA:Perawatan Wajah dengan Filler dan Botox, Begini Manfaat dan Efek Sampingnya

Cara Mencegah Maskne

Walau demikian, Anda tak perlu khawatir karena kondisi tersebut dapat dicegah dan diatasi. Berikut ini beberapa cara mencegah maskne yang dapat Anda coba praktikkan berdasarkan rekomendasi American Academy of Dermatology (AAD) :

1. Membersihkan dan Melembapkan Wajah Setiap Hari

Perawatan kulit wajah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu membersihkan dan melembapkan wajah secara rutin. Cara-cara tersebut juga perlu diperhatikan beberapa hal. 

Saat membersihkan dan mencuci wajah, gunakan pembersih yang lembut dan fragrance free. Sementara saat memilih pelembap, pilihlah bahan sesuai tipe kulit. 

Contohnya, untuk kulit berminyak pilih yang berbahan gel, kulit kering pilih yang berbahan krim, dan kulit normal/kombinasi dapat memilih bahan gel atau losion.

Pemilihan pelembap sangat penting. Hal ini dikarenakan kulit kering menjadi masalah kulit akibat pemakaian masker pada wajah yang paling sering ditemui. 

BACA JUGA:Begini Cara Efektif, Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

Maka itu, penggunaan pelembap rutin akan sangat bermanfaat karena menambah lapisan pelindung yang bisa mengurangi kekeringan kulit. Oleskan pelembap segera setelah mencuci wajah. Pelembap yang disarankan adalah yang mengandung bahan ceramides, hyaluronic acid, dan dimethicone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: