Begini Cara Efektif, Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

Begini Cara Efektif, Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

Minyak berlebih di wajah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Minyak berlebih pada wajah dapat menyumbat pori-pori yang memicu jerawat serta komedo. Itulah mengapa banyak orang ingin tahu bagaimana cara mengatasi Minyak berlebih pada wajah agar terhindar dari permasalahan kulit tersebut.

Mengatasi minyak di wajah tidak dapat dilakukan dengan asal. Anda perlu mengetahui cara yang tepat agar tidak terjadi iritasi atau kulit kering. Lantas, bagaimana cara mengurangi minyak berlebih pada wajah? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Apa Penyebab Wajah Berminyak?

Kulit berminyak adalah kondisi ketika kulit wajah menghasilkan terlalu banyak sebum, sehingga kulit terlihat lebih mengkilap dan berkilau.

Pada dasarnya, sebum atau minyak berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembap. Namun, minyak berlebih pada wajah justru akan memicu masalah kulit seperti jerawat. Hal ini dikarenakan kotoran menjadi lebih mudah menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori.

BACA JUGA:Tips Alami Menghidrasi Kulit Agar Tetap Sehat dan Elastis

Selain itu, sel-sel kulit mati pada orang dengan tipe wajah berminyak biasanya sulit untuk luruh dan terlepas. Akibatnya, sel kulit mati yang seharusnya rontok justru menyumbat pori-pori wajah.

Cara Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Selain mencegah jerawat, cara mengatasi minyak berlebih pada wajah berikut ini juga dapat membantu Anda terhindar dari kulit kusam. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Rutin Mencuci Wajah

Mencuci wajah menggunakan facial wash secara rutin dua kali sehari dapat membantu mengatasi minyak berlebih di wajah, terutama pada pagi dan malam hari atau setelah beraktivitas di luar ruangan dan menggunakan riasan wajah (makeup) .

Hindari penggunaan facial wash berbasis oil ataupun alkohol karena keduanya dapat meningkatkan produksi minyak. Pastikan juga untuk mencuci wajah dengan lembut untuk mencegah iritasi yang berisiko meningkatkan produksi minyak dari kelenjar sebasea.

BACA JUGA:Yuk Cobain! Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit Wanita Jadi Lebih Mulus

2. Menggunakan Makeup Yang Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: