Daki di Leher Bikin Minder? Begini Cara Menghilangkannya

Daki di Leher Bikin Minder? Begini Cara Menghilangkannya

Cara menghilangkan daki di leher-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Leher yang tampak menghitam akibat daki cukup mengganggu penampilan. Sehingga, tak sedikit yang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan daki di leher tersebut. 

Kondisi ini sendiri biasanya disebabkan oleh kebersihan tubuh yang kurang terjaga ataupun masalah kesehatan tertentu.

Penyebab Leher Menghitam

Leher yang menghitam dapat disebut dengan akantosis nigrikans, yaitu kondisi ketika kulit menjadi lebih gelap dan tebal. Bagian leher, khususnya yang terletak di belakang, sering kali luput dari perhatian. 

Sehingga, banyak yang tidak menyadari kulit leher tersebut berubah menjadi lebih gelap, entah karena kotoran yang menumpuk atau paparan sinar matahari berlebih yang menyebabkan hiperpigmentasi.

BACA JUGA:Jerawat Batu? Begini Cara Menghilangkannya Secara Alami dan Medis

Tak hanya itu, kadar insulin yang tinggi juga dapat memengaruhi terjadinya hiperpigmentasi di area leher, terutama leher bagian belakang. 

Hal ini terjadi karena tingkat insulin yang tinggi dapat merangsang aktivitas sel kulit yang memproduksi melanin (pigmen kulit) dan menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.

Beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi terjadinya akantosis nigrikans di antaranya, prediabetes/diabetes, gangguan hormon, obesitas atau penggunaan obat-obatan tertentu (pil KB, kortikosteroid, niacin, dan sebagainya).

Cara Menghilangkan Daki di Leher Yang Menghitam

Cara menghilangkan daki di leher dapat dimulai dengan menjaga kebersihan area leher, seperti membersihkannya setiap mandi, melakukan eksfoliasi, hingga menggunakan bahan-bahan alami. 

Namun, cara-cara ini perlu dilakukan secara rutin agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Rajin Membersihkan Leher Saat Mandi

Cara menghilangkan daki di leher yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah membersihkan leher setiap mandi. Menumpuknya daki pada leher sering kali terjadi karena bagian leher, terutama leher belakang, kerap luput dari perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: