Sedekah Ternyata Bisa Jadi Perbuatan Maksiat, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Sedekah Ternyata Bisa Jadi Perbuatan Maksiat, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya jelaskan tentang sedekah yang bisa menjadi perbuatan maksiat-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Memberi sedekah adalah salah satu tindakan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam sebagai bagian dari sunnah Rasulullah SAW.

Sedekah mengacu pada tindakan memberikan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan secara langsung, dilakukan dengan niat tulus untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Memberikan sedekah diketahui memiliki beragam manfaat, seperti membuka pintu rezeki, menjadi penyembuh penyakit, menghapus dosa, memperpanjang umur, bahkan melindungi dari berbagai bahaya yang mungkin mengancam.

BACA JUGA:Bolehkah Manusia Berburu Hantu? Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat dan Buya Yahya

BACA JUGA:Benarkah Mimpi Bisa Menjadi Nyata, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Perlu dicatat bahwa, meskipun sedekah memiliki banyak manfaat yang telah disebutkan, namun dalam beberapa konteks tertentu, tindakan sedekah juga dapat dianggap sebagai maksiat.

Terkadang, meskipun sedekah diharapkan mendatangkan pahala, dalam kasus-kasus tertentu, memberikan sedekah dalam konteks tertentu yang bertentangan dengan prinsip-prinsip agama justru dapat menyebabkan terjadinya dosa.

Oleh karena itu, umat Islam perlu berhati-hati dan memahami dengan jelas kriteria sedekah yang dapat dianggap sebagai perbuatan maksiat.

Mengetahui batasan-batasan tersebut sangat penting untuk menjaga agar sedekah yang diberikan tidak bertentangan dengan ajaran agama.

Menurut penjelasan Buya Yahya, sedekah dapat dianggap sebagai perbuatan maksiat jika dilakukan oleh seseorang yang masih memiliki kewajiban hutang yang belum diselesaikan.

BACA JUGA:Bolehkan Uang Hasil Temuan Digunakan untuk Diri Sendiri, Berikut Jawaban Buya Yahya

BACA JUGA:Apakah Jual Beli dengan Cara Pre Order Termasuk Riba? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut

Hal tersebut disampaikan Buya Yahya dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Al-Bahjah TV.

Sebab bagi seseorang yang memiliki hutang, prioritas yang lebih penting adalah untuk membayar atau melunasi hutangnya daripada memberikan sedekah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: