Agar Dijauhkan dari Penyakit Hati, Sombong hingga Dengki, Amalkan Doa Berikut

Agar Dijauhkan dari Penyakit Hati, Sombong hingga Dengki, Amalkan  Doa Berikut

Ilustrasi Zikir dan Doa-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan agar dijauhka dari penyakit hati, sombong hingga dengki.

Doa-doa tersebut sebaikanya kita panjatkan setiap hari agar kita selalu mendapat perlindungan dari Alla SWT dan memiliki hati yang bersih.

Allah SWT menciptakan manusia dengan hati yang bersih. Namun, terkadang, manusia menodai kebersihan hatinya karena tergoda oleh nikmat yang dimiliki orang lain. Fenomena ini seringkali menjadi penyebab munculnya penyakit hati.

BACA JUGA:Zikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud, Agar Mendapatkan Rezeki yang Melimpah

BACA JUGA:Agar Keinginan Cepat Terkabul, Amalkan Doa Berikut Setelah Sholat

Dalam ajaran Islam, penyakit hati dianggap sebagai perbuatan tercela. Dalam Al-Qur'an, surat At-Taubah ayat 125, Allah SWT berfirman yang artinya:

"Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir,".

Rasulullah SAW juga pernah bersabda yang artinya:

"Ketahuilah, di dalam tubuh manusia ada segumpal daging. Apabila segumpal daging itu baik, baiklah tubuh seluruhnya, dan apabila daging itu rusak, rusaklah tubuh seluruhnya. Ketahuilah olehmu, bahwa segumpal daging itu adalah kalbu [hati]," (HR Bukhari).

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa doa yang bisa kita panjatkan agar terhindar dari penyakit hati, sombong dan dengki.

1. Doa Pertama

Doa ini adalah doa agar terhindar dari penyakit hati yaitu sombong.

اَعُوْذُ بِكَ مِنْ بَطَرِ الْغِنَى وَمَذَلَةِ الْفَقْرِ يَامَنْ وَعَدَ فَوَفَى وَأَوْعَدَ فَعَفَا اِغْفِرْ لِمَنْ ظَلَمَ وَآسَى يَامَنْ تَسُرُّهُ بِطَاعَتِي وَلَا تَضُرُّهُ مَعْصِيَتِى هَبْ لِي مَا يَسُرُّكَ وَاغْفِرْ لِي مَا لاَ يَضُرُّكَ

(Allaahumma innii a-'uudzubika mim batharil ghinaa. Wa madzalatil faqr. Yaa man wa'ada fawafaa. Wa aw'ada fa'afaa. Ighfir liman zhalama wa asaa yaa man tasurruhu bithaa'atii. Wa alaa tadhurruhu ma'shiyatii. Hablii maa yasurruka waghfir lii maa laa yadhurruk).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: