Apa Itu Concealer Wajah? Begini Cara Tepat Menggunakannya

Apa Itu Concealer Wajah? Begini Cara Tepat Menggunakannya

Fungsi Concealer untuk Kulit Wajah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Namun, terkadang cream concealer menimbulkan rasa yang berat dan tebal pada wajah. Selain itu, jika penggunaannya tidak tepat, cream concealer justru dapat memberikan efek berminyak serta membuat garis-garis halus pada wajah tampak lebih jelas.

3. Liquid Concealer

Liquid concealer adalah jenis concealer yang biasanya tersedia dalam bentuk tabung dan dilengkapi dengan aplikator yang lembut. Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan aplikator pada noda-noda di area kulit wajah yang ingin disamarkan.

Jika dibandingkan dengan jenis concealer lainnya, kelebihan liquid concealer adalah bisa digunakan untuk semua jenis kulit, mulai dari tipe kulit normal, berminyak, kering, bahkan aman bagi pemilik kulit berjerawat karena memiliki risiko lebih kecil untuk menyumbat pori-pori kulit.

Cara Memakai Concealer

Beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam penggunaan concealer adalah sebagai berikut :

- Memahami permasalahan kulit yang ingin diatasi, sehingga bisa menentukan jenis dan warna concealer yang tepat.

- Mengoleskan concealer secukupnya agar wajah terlihat alami.

- Ratakan concealer menggunakan jari, kuas, atau spons agar nantinya bisa membaur dengan foundation. Namun, pastikan alat make up tersebut sudah bersih sebelum digunakan.

- Setelah menggunakan concealer, sempurnakan riasan dengan mengaplikasikan bedak dan jenis make up lainnya, seperti lipstik, pensil alis, blush on, dan lain-lain.

Apakah Concealer Aman?

Dalam memilih produk concealer, pastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan aman dan telah terdaftar dalam BPOM agar keamanannya lebih terjamin. Hindari produk concealer yang mengandung timbal, merkuri, asam retinoat, hidrokuinon, dan pewarna merah K3.

Adapun risiko yang bisa timbul akibat kesalahan dalam pemilihan dan penggunaan produk concealer adalah sebagai berikut :

- Penyebaran bakteri, virus, atau kuman lainnya pada kulit (akibat aplikator yang tidak bersih).

- Alergi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: