Robot Humanoid Tercanggih Bernama Ameca Ditampilkan di Dubai

Robot Humanoid Tercanggih Bernama Ameca Ditampilkan di Dubai

Robot Humanoid Tercanggih Bernama Ameca Ditampilkan di Dubai-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada hal menarik bagi pengunjung yang mendatangi Museum of the Future, Dubai. Sekarang memiliki kesempatan untuk melihat dan disambut langsung oleh robot humanoid paling canggih di dunia. 

Robot humanoid bernama Ameca tersebut ditampilkan di Museum of the Future atau Museum Masa Depan yang ada di Dubai dan bertugas untuk menyapa para pengunjung disana.

Robot Humanoid Engineered Arts Ameca atau Robot Ameca ini dikenal mampu berinteraksi dan juga menampilkan ekspresi wajah. Dia bisa melacak pergerakan seseorang sehingga bisa diajak berbicara dan menyapa siapapun yang mendekatinya.

Ameca bahkan akan melambai pada pengunjung yang menyapa atau mengucapkan selamat tinggal. Ameca bisa memperagakan lebih dari 10 gerakan tangan.

BACA JUGA:Oppo Find N3 Flip: Sebuah Perkembangan Teknologi yang Dinanti, Dibekali Prosesor Terbaik Dunia

Untuk bisa mengekspresikan emosi, Ameca dilengkapi oleh 17 motor di bagian kepala. Emosi wajah itu didapatkan dari sistem hybrid yang menggabungkan AI dan juga operator manusia yang menentukan ekspresi serta ucapan Ameca.

Seperti dilansir dari Arab News, robot tersebut dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan dikembangkan oleh perusahaan Engineered Arts yang berbasis di Inggris. 

Menurut manajemen Museum of the Future, Ameca adalah platform terbaik untuk interaksi antara manusia dan robot. 

"Gerakan seperti manusia dan ekspresi wajah yang canggih memungkinkan Ameca untuk berinteraksi dengan siapa pun," kata manajemen museum di situsnya.

BACA JUGA:WhatsApp Siapkan Rilis Fitur Baru, dari Pin Pesan Hingga Teknologi AI

Baru-baru ini, Museum of the Future memperkenalkan Ameca sebagai anggota staf baru yang bergabung dengan museum pada hari pertama kerjanya. 

Rekaman video tersebut diunggah oleh pengelola museum di laman Instagram. Dalam video tersebut, Ameca dengan bercanda mengatakan kepada rekan-rekannya, "Jangan khawatir, saya tidak akan menggantikan Anda". (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: