Jangan Anggap Sepele! Temulawak Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jangan Anggap Sepele! Temulawak Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Temulawak dipercaya mampu membantu pengobatan kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Temulawak sering kali dikonsumsi untuk alasan kesehatan dan pengobatan. Namun, selain digunakan dalam pengobatan, temulawak mempunyai banyak manfaat lainnya. Tanaman ini juga dapat memberikan manfaat untuk kecantikan.

Penasaran apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan? Di artikel ini kami akan membahas apa saja kandungan dalam temulawak, lengkap dengan ulasan manfaatnya. Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA: Sugih Bondo Tanpo Rekoso, 5 Weton Ini Dibukakan Pintu Rezeki di Bulan November 2023

Temulawak adalah tanaman asli hutan Indonesia dan Semenanjung Malaysia. Temulawak atau yang dikenal dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini memiliki bentuk silinder, mirip seperti kunyit. Temulawak mempunyai kulit berwarna kuning muda. Akarnya adalah akar rimpang, bukan akar tunggang.

Awalnya, tanaman ini banyak tumbuh di hutan, padang alang-alang, dan tanah-tanah kering. Tetapi, saat ini Temulawak sudah banyak dijumpai di dataran tinggi.Akar dan rimpang dari Temulawak sering digunakan untuk obat, seperti mengatasi gangguan pencernaan, irritable bowel syndrome (IBS), kembung setelah makan, gangguan lambung, keluhan hati, dan lainnya. Temulawak juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan.

BACA JUGA:Weton Ini Bakal Sukses Geden dan Banjir Rezeki Melimpah di Tahun 2024

Temulawak memiliki rimpang yang mengandung zat terbaik untuk kesehatan. Zat-zat tersebut adalah:
Minyak atsiri
Pati
Protein
Kurkuminoid
Lemak
Selulosa
Mineral
Germakron
Tumeron

BACA JUGA:Agar Sukses Dunia dan Akhirat, Buya Yaha: Lakukan Ini Kepada Orang Tua

Sebaliknya, di dalam temulawak terkandung:
Protein
Lemak
Serat
Karbohidrat
Kurkumin
Kalium
Natrium
Kalsium
Magnesium
Zat besi
Mangan
Kadmium

BACA JUGA:5 Ciri Orang Terkena Sihir Penghalang Jodoh, Ustadz Muhammad Faizar: Salah Satunya Tak Mau Menikah

Manfaat temulawak untuk kesehatan
Temulawak kaya akan manfaat, termasuk untuk kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat temulawak untuk kesehatan.

1. Mengatasi pencernaan yang tidak lancar
Pembentukan cairan empedu di kantong empedu dapat dibantu dengan adanya temulawak. Pembentukan cairan ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Jadi, pencernaan kamu bisa tetap lancar.

2. Mengatasi penyakit osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan penyakit sendi yang membuat sendi menjadi sakit dan kaku. Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa temulawak memberikan efek yang sama seperti ibuprofen.

BACA JUGA:Knife Dash, Aplikasi Game Seru Penghasil Saldo OVO Gratis Terpercaya

4. Mengatasi penyakit kanker
Temulawak dipercaya mampu membantu pengobatan kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah riset tahun 2001 yang mengungkapkan bahwa temulawak dapat membantu proses penghambatan terjadinya kanker prostat.

5. Mengatasi radang
Temulawak dapat dikonsumsi sebagai obat antiradang. Oleh karena itu, tanaman ini dapat mengatasi penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan, salah satunya radang sendi.

6. Menjaga kesehatan hati
Berdasarkan Scientific Research Journal, temulawak dibuktikan bisa melindungi hati agar terhindar dari hepatotoksik. Hepatotoksik merupakan bahan kimia yang bisa memberikan efek buruk pada hati.

BACA JUGA:Pakan Ayam Kate Agar Cepat Bertelur

7. Mengatasi irritable bowel syndrome (IBS)
IBS merupakan gangguan pada usus besar yang terjadi karena adanya kontraksi otot yang tidak wajar. Biasanya, orang yang terkena IBS akan mengalami diare, kram perut, kembung, sakit perut, dan sembelit. Temulawak mengandung antispasmodik yang dapat meringankan gejala-gejala yang dialami penderita IBS.

8. Bagus untuk kesehatan lambung
Selain manfaat di atas, ada juga manfaat temulawak untuk lambung. Tanaman herbal ini ternyata juga bisa bermanfaat sebagai obat maag. Kandungan selulosanya bisa membantu proses pencernaan. Selain itu, kandungan flavonoid dan kurkumin pada temulawak juga bisa menangkal radikal bebas dan melindungi dinding lambung.

9. Meningkatkan nafsu makan
Temulawak bisa dijadikan obat untuk menambah nafsu makan anak yang susah makan. Biasanya, obat nafsu makan dari temulawak dikonsumsi dalam bentuk jamu ataupun suplemen. Anak-anak boleh mengonsumsinya. Temulawak dapat mempercepat pengosongan lambung. Alhasil, nafsu makan kembali meningkat.

BACA JUGA: Sugih Bondo Tanpo Rekoso, 5 Weton Ini Dibukakan Pintu Rezeki di Bulan November 2023

Manfaat temulawak untuk kecantikan kulit
Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata temulawak juga memiliki manfaat untuk kulit. Manfaat temulawak untuk kulit, adalah:

1. Mencerahkan kulit
Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada temulawak bisa mencerahkan kulit secara alami. Untuk mencerahkan kulit wajah, kamu bisa mencampur temulawak dengan madu dan yoghurt.

2. Membuat kulit lebih halus
Banyak orang mendambakan kulit yang halus dan bersih. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan temulawak sebagai masker wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: