Kenali pH Kulit Wajah Normal, Begini Cara Menjaganya

Kenali pH Kulit Wajah Normal, Begini Cara Menjaganya

Kenali PH kulit wajah normal -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kadar pH kulit wajah merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit secara optimal. 

Pasalnya, nilai pH kulit wajah yang tidak seimbang dapat memicu berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, iritasi, hingga muncul jerawat.

Maka dari itu, mari kenali kadar pH kulit wajah yang normal beserta cara menjaga keseimbangannya melalui ulasan di bawah ini.

Apa itu pH Kulit Wajah?

Potential of Hydrogen (pH) kulit wajah adalah skala pengukuran  yang digunakan untuk menunjukkan derajat kebasaan atau keasaman pada kulit wajah. 

Keseimbangan pH pada kulit wajah ini dijaga oleh lapisan kulit, yaitu acid mantle, yang terdiri dari asam amino, lemak, dan sebum atau minyak alami.

BACA JUGA:Agar Hasil Maksimal, Berikut Cara Pakai Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Berapa pH Kulit Wajah Normal?

Secara umum, rentang nilai pH adalah berkisar dari 0–14, di mana pH 7 menunjukkan bahwa zat tersebut bersifat netral. Namun, berapa nilai pH pada kulit wajah yang normal? Pada dasarnya, nilai pH kulit wajah yang normal cenderung sedikit asam.

Dilansir dari penelitian yang dipublikasikan pada The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology tahun 2017, pH kulit wajah yang normal pada wanita adalah berkisar antara 4,5–5,5. Sementara itu, pH kulit wajah pria yang normal berada pada rentang 4–5,5.

Cara Mengetahui pH Kulit Wajah

Pada dasarnya, cara mengetahui nilai pH atau derajat keasaman kulit wajah dapat dilakukan dengan mengamati kulit, menggunakan alat ukur pH, hingga berkonsultasi dengan dokter spesialis dermatologi.

1. Mengamati Kulit

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui nilai pH pada kulit wajah adalah dengan mengamati kulit secara menyeluruh. Umumnya, kulit wajah yang memiliki nilai pH normal memiliki tekstur kulit yang halus, tidak terdapat tanda-tanda infeksi kulit, warna kulit merata, tidak terdapat iritasi atau ruam merah pada kulit, bertekstur lembut dan tidak terasa kering atau tertarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: