BPS Didesak Data Ulang Jamkesmas

BPS Didesak Data Ulang Jamkesmas

\"jamkesmas\"TAIS, BE- Anggota Komisi I DPRD Seluma, Zainal Arifin S Sos mendesak Badan Pusat Statistik Kabupaten Seluma menggunakan perangkat desa dalam melakukan pendataan terhadap penerima Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Pasalnya, data yang ada saat ini bermasalah, akibat data penerima dinilai banyak yang terindikasi tak tetap sasaran.

“Jika data yang ada saja, maka besar kemungkinan tidak tepat sasaran. Sehingga data yang ada tidak valid dengan yang ada di lapangan,” ujar Zainal Arifin.

Menurut laporan warga kepadanya, kata Zainal, disebutkan data dan penerima Jamkesmas tidak tepat sasaran. Pasalnya, terdapat  warga dikategorikan mampu tapi mendapatkan kartu Jamkesmas. Begitu juga sebaliknya, ada warga tidak mampu malah tidak mendapatkannya.  Dikatakannya, Komisi I DPRD pernah menyampaikan masalah tersebt kepada BPS.

Komisi I meragukan tingkat kevalidan data yang dihasilkan BPS Seluma. Terlebih kuota penerima layanan kesehatan tersebut berkurang sangat signifikan. BPS pusatpun menanggapi positif informasi yang diberikan pihaknya itu. “Respon BPS Pusat sangat positif, untuk mengingatkan BPS Seluma agar dalam pendataan dengan melibatkan perangkat desa. Supaya bisa diketahui secara pasti penerima Jamkesmas,” ujarnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: