Waspada! Makanan Penyebab Diare, Batasi Konsumsinya

Waspada! Makanan Penyebab Diare, Batasi Konsumsinya

Sambal salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita diare-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Diare merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang cukup umum dialami oleh banyak orang. 

Biasanya, hal ini disebabkan yang bisa memicu dan menjadi penyebab penyakit diare dapat ditemukan dengan mudah sehari-hari. Salah satu pemicunya adalah mengonsumsi makanan penyebab diare secara berlebihan.

Contoh makanan penyebab diare yang mungkin sudah sering Anda dengar adalah hidangan pedas. 

Pasalnya, hidangan pedas terbuat dari bahan yang mengandung capsaicin, seperti cabai rawit. Capsaicin ini akan memberikan sensasi panas pada saluran pencernaan.

Apabila dikonsumsi secara berlebihan, capsaicin dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan dan mengakibatkan terjadinya diare.

BACA JUGA:Diklaim Lebih Tinggi dan Nyaman dari Pajero, Mitsubishi New Xpander Cross Dijual Rp 316 Jutaan

Selain hidangan pedas, ada beberapa jenis makanan penyebab diare lainnya yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda dapat membatasi konsumsinya agar tidak terlalu berlebihan. 

Makanan Penyebab Diare yang Perlu Dibatasi Konsumsinya

Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya mengeluarkan feses berbentuk encer serta frekuensi buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari. Diare ini diakibatkan oleh terinfeksinya saluran pencernaan seseorang dengan virus atau bakteri patogen.

Lantas, apa penyebab diare benar-benar diakibatkan oleh makanan? Sebenarnya, makanan penyebab diare ini bukan menjadi istilah yang tepat. Hal yang menjadi masalah bukanlah makanannya melainkan bakteri atau virus patogen yang mengontaminasi sajian tersebut.

Alih-alih sebagai penyebab diare, beberapa makanan memang diketahui dapat memicu serta memperburuk diare yang terjadi. 

BACA JUGA:Triton 4X4, Mobil Double Cabin Andalan Mitsubishi Harga Mulai Rp 290 Jutaan

Beberapa makanan yang dapat memicu serta memperburuk diare di antaranya yaitu hidangan pedas, susu, makanan tinggi lemak, minuman tinggi kafein, dan lain sebagainya.

1. Susu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: