Rekomendasi Makanan untuk Penderita Diare yang Baik Dikonsumsi

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Diare yang Baik Dikonsumsi

Pisang dan apel salah satu buah yang baik untuk orang yang menderita diare-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kondisi yang membuat Anda merasa mulas dan sering Buang Air Besar (BAB), tentu terasa sangat tidak nyaman. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan karena Diare.

Oleh karenanya, Anda dapat mengonsumsi makanan untuk penderita diare guna membantu proses pemulihan.

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Diare

Diare merupakan gangguan sistem pencernaan yang umumnya disebabkan oleh infeksi akibat mengonsumsi makanan yang kurang terjamin kebersihannya. 

Cara terbaik untuk mengatasi diare adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang dianjurkan saat diare :

BACA JUGA: Kena Cacar Air Saat Usia Dewasa? Begini Cara Merawatnya

1. Buah-buahan

Penderita diare umumnya dianjurkan untuk membatasi makanan tinggi serat seperti buah-buahan. Namun, bukan berarti semua buah harus dihindari. Contoh buah yang boleh dikonsumsi selama diare adalah pisang dan apel.

Pisang dan apel mengandung pektin (serat larut air) yang dapat membantu memadatkan kotoran. Tak hanya itu, kedua buah tersebut juga memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang bisa menambah stamina Anda. Mengingat penderita diare biasanya akan merasa lemah akibat meningkatnya frekuensi BAB.

2. Bubur Dan Nasi Putih

Makanan tinggi serat dapat memperburuk gejala diare karena memicu penumpukan gas dalam perut. Oleh sebab itu, penderita biasanya diminta untuk menghindari makanan tinggi serat sementara waktu guna menenangkan usus yang bermasalah.

BACA JUGA:Sering Gelisah dan Jantung Berdebar, Ini Cara Mengatasinya

Sebagai alternatif, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan tinggi karbohidrat rendah serat seperti nasi putih. Nasi putih memiliki tekstur halus dan empuk sehingga mudah dicerna oleh usus. Dengan begitu, usus akan lebih tenang karena tidak perlu bekerja keras untuk mengolahnya menjadi glukosa (gula darah). Jika ingin tekstur lebih lembut, Anda dapat memilih alternatif seperti bubur.

3. Makanan Berkuah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: