Google Search Ingin Jadi Aplikasi Bawaan iPhone, Begini Tanggapan Apple

Google Search Ingin Jadi Aplikasi Bawaan iPhone, Begini Tanggapan Apple

Google Search -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terungkap, ternyata sejak tahun 2018 silam, CEO Google Sundar Pichai pernah mengusulkan kepada CEO Apple Tim Cook untuk menyertakan aplikasi Google Search secara otomatis di unit iPhone baru. 

Meskipun Pichai menyampaikan hal ini dapat meningkatkan trafik ke Google dan mendatangkan lebih banyak pendapatan bagi Apple, Cook akhirnya tidak menerima ide tersebut.

Pertukaran ide ini terungkap dalam konteks gugatan antitrust yang sedang dihadapi Google dari Departemen Kehakiman AS, demikian diungkap The Verge.

Pichai berusaha meyakinkan Cook bahwa dengan aplikasi Google Search yang dibenamkan di semua unit iPhone dapat membuat pengguna untuk lebih sering menggunakan pencarian Google di iPhone.

BACA JUGA:Miliki Harga Fantastis, Seperti Apa Spesifikasi Vivo X80 Pro 5G, Simak Berikut Ini

Namun, Apple tidak pernah menyertakan aplikasi pihak ketiga yang sudah terpasang sebelumnya pada iPhone. Maka dari itu, Google Search hanya akan aktif di Safari, atau pengguna harus mengunduhnya sendiri.

Meskipun Google telah membayar sejumlah uang kepada Apple untuk menjadi mesin pencari default di perangkatnya, pangsa pendapatan Apple dari kesepakatan ini turun pada tahun 2018. 

Pichai menyarankan untuk membangun aplikasi pencarian Google khusus untuk iOS, tetapi Cook tidak menerima usulan tersebut.

Percakapan antara Pichai dan Cook ini menjadi sorotan dalam persidangan antitrust. Departemen Kehakiman AS menargetkan perjanjian pengecualian antara Google dan perusahaan seperti Apple. 

BACA JUGA:Mengulas Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V29 5G, Miliki Kamera 50 Mp

Gugatan ini mencoba menentukan apakah Google memiliki monopoli pencarian yang mempengaruhi persaingan sistem mesin pencarian. 

Jika gugatan berhasil, kesepakatan antara Apple dan Google dapat dibatalkan, memungkinkan pengaturan mesin pencari tambahan pada perangkat Apple. Saat ini, Google tetap menjadi opsi mesin pencari default di semua perangkat Apple.

Google Kedapatan Bayar Ratusan Triliun Agar Jadi Mesin Pencari Bawaan di Ponsel

Pengadilan antitrust Google mengungkapkan perusahaan teknologi tersebut membayar total USD 26,3 miliar (sekitar Rp 418,4 triliun) pada 2021 untuk mempertahankan statusnya sebagai mesin pencari bawaan di ponsel dan berbagai browser.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: