Nebulizer untuk Anak, Ini Manfaat dan Cara Penggunaannya

Nebulizer untuk Anak, Ini Manfaat dan Cara Penggunaannya

Nebulizer untuk anak, ini manfaat dan cara penggunaannya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi penderita Asma, Nebulizer bukanlah alat yang asing. 

Nebulizer digunakan untuk membantu melancarkan pernapasan pada seseorang yang mengalami kesulitan bernapas, tidak terkecuali anak kecil.

Penggunaan nebulizer untuk anak diketahui bisa melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat karena peradangan atau dahak.

Peran nebulizer cukup penting dalam menunjang pengobatan penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan. Prosesnya yang cukup cepat menjadikan alat medis ini pilihan efektif bagi orang dewasa maupun anak-anak.

BACA JUGA:Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Agar dapat memahami penggunaan nebulizer pada anak dengan lebih baik, mari simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu Nebulizer?

Nebulizer adalah alat yang dapat mengubah obat cair menjadi uap. Alat yang dipasang di hidung ini terhubung dengan suatu mesin yang berfungsi mendorong gas bertekanan dan berkecepatan tinggi untuk membuat obat cair tersebut berubah menjadi uap.

Fungsi nebulizer untuk anak tidak ada bedanya dengan orang dewasa. Nebulizer yang menutupi mulut dan hidung anak ini akan mendorong obat cair yang sudah berubah menjadi uap untuk dihirup masuk ke dalam saluran pernapasan. Maka dari itu, penggunaan nebulizer juga sering disebut sebagai terapi pernapasan atau terapi nebulizer.

Lantas, kapan nebulizer diperlukan? Nebulizer bisa digunakan ketika seseorang mengalami gangguan pernapasan, seperti kesulitan bernapas akibat asma, batuk pilek, atau reaksi alergi berat.

BACA JUGA:Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini

Seseorang yang mengalami sesak napas memerlukan pengobatan yang cepat, yaitu dengan cara memasukkan obat langsung ke dalam saluran pernapasan melalui lubang hidung dan mulut dalam bentuk uap.

Manfaat Nebulizer untuk Anak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, nebulizer bisa digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan pada orang dewasa maupun anak-anak, baik itu asma, reaksi alergi berat, maupun batuk disertai pilek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: