Harga Mulai Rp149 Jutaan, Wuling Formo Solusi Kendaraan Niaga

Harga Mulai Rp149 Jutaan, Wuling Formo Solusi Kendaraan Niaga

Wuling Formo-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain itu, material pelapis jok pun diganti dengan bahan yang dianggap bisa lebih mudah dibersihkan. Apresiasi tinggi patut diberikan kepada Wuling karena berani tidak mengubah banyak bagian interior Formo jika dibandingkan sang kakak Confero. 

Penggunaan layout dasbor yang sama dan penyematan logo emboss Wuling sebagai pengganti jam analog di Confero jadi solusi terbaik untuk kendaraan niaga ringan ini. Selain itu, ornamen berkelir abu-abu yang bisa terlihat di atas kisi-kisi AC juga tidak ada.

Namun sempat terjadi perdebatan soal tuas transmisi di kalangan pemerhati otomotif. Pasalnya, tuas transmisi Formo selayaknya mobil penumpang biasa, di tengah antar jok pengemudi dan penumpang. 

Padahal banyak pihak yang menganggap bahwa tuas transmisi kendaraan niaga baiknya bisa diposisikan di dasbor atau di sekitar kemudi. Hal ini guna memberikan ruang lebih luas di kabin depan. Tapi lagi-lagi apresiasi layak diberikan kepada Formo karena tampilan head unit dinilai diletakkan sangat rapi yang terintegrasi dengan dasbornya.

BACA JUGA:Daihatsu Luxio, Si Baby Alphard Pintu Geser Namun Harganya Jauh Lebih Murah

Pembahasan lanjut ke konfigurasi jok. Layaknya kendaraan niaga, jok Formo dinilai kurang nyaman jika dibandingkan dengan kendaraan penumpang. 

Sekali lagi, ini memang menjadi karakter kendaraan niaga yang tidak bisa dielakkan karena lebih sering mengangkut barang daripada penumpang. Hal ini juga bisa dilihat dari dihilangkannya head rest (tidak untuk tipe minibus). Untuk kursi sebelah kiri baris kedua juga memiliki mekanisme pelipatan yang tidak biasa.

Mesin dan Performa Wuling Formo

Wuling Formo dibekali mesin berkapasitas 1.2 L. Banyak pihak yang pesimistis akan performa dapur pacu tersebut. Pesimisme ini tentu saja berlandaskan pada perbandingannya dengan Confero yang dibenamkan mesin berkapasitas 1.5 L. 

Mesin Wuling Formo berkonfigurasi 4 silinder yang di atas kertas diklaim mampu hasilkan tenaga sebesar 76,4 Hp pada putaran mesin 5.600 Rpm serta torsi maksimum sebesar 110 Nm pada rentang putaran 3.800 hingga 4.400 Rpm. 

BACA JUGA:Begitu Menggoda, Toyota Pamer Konsep Mobil Listrik di JMS 2023

Dengan mesin yang dirancang untuk overstroke (langkah piston lebih panjang dari bore-nya) tampak jelas bahwa Wuling Formo diprioritaskan untuk mengejar torsi mesin yang maksimal.

Walau bagaimanapun juga, performa kendaraan dengan keluaran tenaga dan torsi mesin sangat bergantung pada bobot bawaan. Namun hal tersebut seakan terobati oleh karakter pedal kopling yang ringan, sehingga cukup menyenangkan saat berkendara di tengah kemacetan.

Fitur Wuling Formo

Sebagai kendaraan niaga, Wuling Formo hadir dengan fitur yang beragam dan bisa dibilang "anti mainstream" baik tipe minibus dan blind van. Dengan penyematan power window saja misalnya, fitur yang tak biasa ada di kendaraan niaga ringan layak diberi apresiasi tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: