HP Huawei Deteksi Google Sebagai Malware? Ini Alasannya

HP Huawei Deteksi Google Sebagai Malware? Ini Alasannya

HP Huawei Deteksi Google Sebagai Malware? Ini Penjelasannya -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ramai internet sejumlah laporan dari pengguna Handphone (HP) Huawei menyebut bahwa perangkat mereka mendeteksi bahwa aplikasi Google yang terpasang di dalamnya sebagai virus atau malware.

Sebetulnya, Huawei memang sudah cukup lama menggunakan sistem operasi HarmonyOS sebagai pengganti Android, meskipun sebenarnya itu adalah modifikasi dari sistem operasi Android. Hal ini tidak salah mengingat Android bersifat open-source.

Dalam foto tangkapan layar yang beredar tersebut, HP Huawei memberikan notifikasi yang menyatakan, "Ancaman keamanan. Google tampaknya terpengaruh. Disarankan untuk segera mencopot pemasangan," dilengkapi dengan opsi untuk menghapus aplikasi Google.

BACA JUGA:Pakai Produk Huawei, Penyebab Hamas Tak Bisa Dideteksi Israel

Pemberitahuan ini menyatakan bahwa aplikasi Google diidentifikasi sebagai virus TrojanSMS-PA. Trojan tersebut merupakan jenis malware yang menyamar sebagai aplikasi sah dan mengelabui pengguna untuk menginstalnya tanpa curiga. 

Setelah terinstal, Trojan tersebut memberikan tingkat kontrol yang tinggi atas perangkat kepada penyerang. Selain itu trojan tersebut bisa mengakses penuh informasi pribadi pengguna, termasuk kata sandi dan data sensitif lainnya.

Sebuah tangkapan layar yang dibagikan menunjukkan peringatan smartphone Huawei yang menyarankan untuk tidak menginstal aplikasi Google dengan alasan "mengirim SMS secara pribadi" dan merekomendasikan pengguna untuk menghapusnya.

Huawei belum memberikan tanggapan tentang alasan HP-nya membaca aplikasi Google sebagai virus. Namun masalah ini kabarnya terjadi karena adanya bug atau kesalahan di sistem perangkat asal Tiongkok ini.

BACA JUGA:Terungkap, Ini Rahasia Chip Huawei Mate 60 Pro yang Bikin AS Marah

Selain itu, adanya perpecahan diantara Google dan Huawei juga menyebabkan HP Huawei tak semestinya memilliki aplikasi Google.

Aplikasi Google Bukanlah Virus

Lebih lanjut, HP Huawei yang seharusnya tidak memasang aplikasi Google ini merupakan salah satu potensi sumber kesalahan, terutama pada jenis smartphone baru.

Tangkapan layar yang beredar berasal dari HP Huawei lama, seperti P30 dan P30 Lite. Namun, perlu dicatat bahwa Google belum memberikan komentar terkait situasi ini. 

Penting untuk diingat bahwa aplikasi resmi Google bukanlah virus. Apa alasan smartphone Huawei menandai aplikasi-aplikasi Google sebagai virus?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: