Mengenal Apa itu Vertigo? Kondisi yang Membuat Penderita Melayang

Mengenal Apa itu Vertigo? Kondisi yang Membuat Penderita Melayang

Mengenal Apa itu Vertigo? Kondisi yang Membuat Penderita Melayang -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apabila Anda pernah merasakan sensasi kepala pusing hingga lingkungan sekitar seolah berputar, maka kemungkinan besar Anda mengalami vertigo.

Vertigo sering kali dianggap sebagai suatu penyakit. Padahal, kondisi ini bisa saja menjadi salah satu gejala dari masalah kesehatan lainnya.

Apa itu Vertigo?

Vertigo adalah kondisi di mana penderitanya merasa seolah-olah dunia di sekitarnya melayang atau berputar. Tak jarang vertigo membuat penderitanya kehilangan keseimbangan, sehingga sulit untuk berjalan atau sekadar berdiri.

BACA JUGA:Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Vertigo bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini seringnya terjadi pada orang yang berusia di atas 20 tahun.

Penyebab Vertigo

Penyebab vertigo cukup bervariasi tergantung dari jenis vertigo yang dialami. Berdasarkan penyebabnya, vertigo terbagi atas dua jenis yaitu peripheral dan central. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Vertigo Peripheral

Vertigo peripheral adalah jenis vertigo yang paling umum ditemukan. Penyebab dari kondisi ini umumnya karena gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Ketika Anda menggerakkan kepala, telinga bagian dalam akan memberi informasi terkait keberadaan posisi kepala lalu mengirimkan sinyal kepada otak untuk menjaga keseimbangan. 

BACA JUGA:Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini

Namun, jika terdapat gangguan pada bagian dalam telinga akibat peradangan atau infeksi, Anda pun akan merasakan pusing dan nyeri atau disebut juga sebagai vertigo peripheral.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan vertigo peripheral adalah sebagai berikut :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: