Bahaya Komplikasi Osteoporosis, Ini Penjelasannya

Bahaya Komplikasi Osteoporosis, Ini Penjelasannya

Bahaya Komplikasi Osteoporosis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penurunan kepadatan mineral pada tulang merupakan kondisi seseorang mengalami osteoporosis

Penyakit pengeroposan tulang ini dapat menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan rentan patah. 

Dalam banyak kasus, osteoporosis dapat berkembang dari kondisi ringan menjadi parah jika tidak mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat sesegera mungkin. Bahkan, sering kali keparahan osteoporosis mampu menimbulkan sejumlah komplikasi.

Maka dari itu, osteoporosis tidak bisa dipandang remeh. Jika Anda mengalami gejala osteoporosis secara bertahap, segera konsultasikan dengan dokter atau cegah dengan melakukan skrining tulang dengan rutin.

BACA JUGA:Inilah Makanan Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Komplikasi Osteoporosis yang Perlu Diwaspadai

Berikut sejumlah komplikasi osteoporosis yang perlu diketahui dan patut diwaspadai :

1. Patah Tulang

Patah tulang termasuk salah satu komplikasi dari osteoporosis yang paling sering terjadi. Biasanya area tulang yang kehilangan kepadatan mineralnya lebih berisiko patah tulang yang terjadi secara bertahap. 

Sejumlah area tulang yang perlu diperhatikan karena rentan pengeroposan antara lain tulang belakang, pinggung, dan pergelangan tangan.

2. Osteoartritis

Kondisi osteoporosis yang berkembang kian parah dan tidak tertangani dengan baik dapat berdampak buruk pada persendian hingga memunculkan komplikasi berupa osteoartritis.

Osteoartritis adalah pengapuran sendi yang biasanya terjadi di area pinggul, lutut, leher, hingga tubuh bagian bawah. Hal ini biasanya dipicu oleh tekanan yang terjadi di persendian akibat pengeroposan tulang atau adanya cedera akibat penggunaan sendi yang berlebihan.

BACA JUGA:Mana yang Ingin Kamu Coba dari Model Diet Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: