Begini Cara Aman dan Efektif Cegah Asam Lambung Naik

Begini Cara Aman dan Efektif Cegah Asam Lambung Naik

Bagi penderita asam lambung, penting untuk mengetahui cara mencegah asam lambung naik. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi penderita asam lambung, penting untuk mengetahui cara mencegah asam lambung naik. 

Pasalnya, penyakit ini bisa kambuh kapan saja dan menyebabkan perut terasa nyeri dan panas. Tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Asam lambung adalah cairan di dalam lambung (HCl) yang memiliki kadar keasaman tertentu dan berfungsi untuk mencerna makanan dan membunuh mikroorganisme. 

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus, hal ini akan menimbulkan rasa nyeri atau panas di ulu hati yang membuat penderitanya tak nyaman. 

BACA JUGA:Amankah Menjalani Rhinoplasty untuk Mengubah Bentuk Hidung?

Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan menghindari berbagai pantangan asam lambung dan diimbangi dengan menerapkan beberapa kebiasaan berikut ini :

1. Mengunyah Makanan Dengan Perlahan

Salah satu cara mencegah asam lambung naik adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Ketika makanan dikunyah, makanan akan bercampur dengan air liur untuk dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Hal ini akan memudahkan tubuh dalam penyerapan gizi makanan serta kerja sistem pencernaan dalam mengurai makanan. Artinya, sistem pencernaan tubuh akan bekerja lebih keras apabila makanan yang dicerna tidak cukup lembut.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk membiasakan diri mengunyah makanan kurang lebih 32 kali agar makanan menjadi lebih lembut saat masuk ke dalam lambung. Dengan begitu, risiko masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung, juga akan menurun.

BACA JUGA:Menderita Asam Lambung? Ini Buah yang Baik Dikonsumsi

2. Memilih Makanan Yang Tepat

Cara mencegah asam lambung naik yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah memilih jenis makanan dengan tepat. Hindari makanan pedas, mengandung bawang asam, asin, dan berlemak karena dapat merangsang produksi asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: