Bisa Jadi Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Sayuran Berikut

Bisa Jadi Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Sayuran Berikut

Sayuran memang memiliki kandungan baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, di balik itu, terdapat beberapa sayuran yang malah menjadi pemicu asam lambung.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sayuran memang memiliki kandungan baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, di balik itu, terdapat beberapa Sayuran yang malah menjadi pemicu asam lambung.

Apabila sayuran-sayuran ini dikonsumsi dalam jangka panjang, terlebih oleh penderita asam lambung, akan menyebabkan naiknya asam lambung.

Karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati atau berusaha untuk menghindarinya. Apa saja sayuran pemicu asam lambung? Berikut penjelasannya :

1. Kol Dan Brokoli

Sayuran pemicu asam lambung yang pertama adalah kol. Ya, perlu Anda ketahui bahwa kol dapat menyebabkan terciptanya gas dalam lambung. Dengan begitu, asam lambung akan mengalami peningkatan dan naik hingga ke kerongkongan. 

BACA JUGA:Menderita Asam Lambung? Ini Buah yang Baik Dikonsumsi

Hal ini juga dikarenakan kol termasuk makanan yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan karena mengandung rafinosa, sehingga sulit dicerna bakteri saat melewati usus besar. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi kol saat penyakit lambung sedang kambuh.

Sama halnya dengan kol, rupanya brokoli juga menjadi salah satu sayuran pemicu asam lambung karena dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung.

2. Kubis

Kubis sering kali dijadikan sebagai sayuran pendamping nasi. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata kubis menjadi salah satu sayuran pemicu asam lambung?

Ya, hal ini dikarenakan kubis memiliki kandungan fruktosa tinggi gula yang dapat memicu lambung menghasilkan lebih banyak gas.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Berikut Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung

Selain itu, kandungan serat dalam kubis cukup tinggi sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Bagi penderita asam lambung, akan lebih baik jika mengonsumsi kubis dengan memasaknya terlebih dulu.

Efek yang dirasakan oleh penderita asam lambung setelah mengonsumsi kubis bisa jadi kembung atau sering buang gas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: