Apa yang Terjadi Jika Mobil Diesel Salah Isi Bensin? Ini Penjelasannya

Apa yang Terjadi Jika Mobil Diesel Salah Isi Bensin? Ini Penjelasannya

Apa yang terjadi jika mobil diesel salah isi bensin? Ini Penjelasannya -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini ada dua tipe mesin konvensional yang digunakan oleh pabrikan otomotif. Yaitu mesin diesel dan mesin bensin. Keduanya tentu memiliki karakteristik sendiri-sendiri dan juga butuh asupan bahan bakar yang berbeda.

Namun terkadang ada beberapa pengguna mobil yang salah mengisi jenis bahan bakar ke kendaraannya. Meskipun tidak sering terjadi, tetap ada saja pemilik mobil diesel salah isi bensin jenis gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax atau sejenisnya.

Lalu apa akibatnya jika hal tersebut terjadi? Berikut penjelasannya :

1. Beda Mesin Beda Kebutuhan Bahan Bakar

Antara mesin bensin dan mesin diesel memiliki kebutuhan bahan bakar yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut lantaran sistem pembakaran pada mesin bensin tidak sama dengan mesin diesel.

BACA JUGA:Honda Scoopy Dimodif Pakai Pelek Jari-jari Ring 14, Semakin Keren dan Tampil Modern

Untuk mesin diesel memanfaatkan tekanan kompresi saat proses pembakaran, sementara untuk mesin bensin mengandalkan kinerja busi. Selain itu kegunaan bahan bakar dari kedua jenis mesin ini juga punya diferensiasi.

Bahan bakar untuk mesin diesel tidak hanya berfungsi untuk membantu proses pembakaran namun juga sekaligus sebagai pelumas (lubricant). 

Beda dengan bahan bakar gasoline yang tidak memiliki fungsi ini. Sehingga jika mobil diesel salah isi bensin maka dapat dipastikan akan terjadi sesuatu pada ruang mesin mobil tersebut.

2. Salah Jenis BBM Bisa Bikin Mesin Rusak

Lalu bagaimana jika Anda lupa? mobil yang seharusnya diisi diesel, salah isi bensin jenis Premium, Pertalite atau bahan bakar gasoline lainnya?

BACA JUGA:Modifikasi Keren Honda Astrea untuk Memperkuat Kesan Klasiknya 

Efek yang akan dirasakan pertama kali adalah mesin akan mengalami knocking. Karena bahan bakar bensin akan lebih mudah terbakar jika masuk ke mesin diesel. Akibatnya mesin diesel tidak mendapatkan tekanan kompresi yang dibutuhkan untuk melakukan proses pembakaran.

Selain itu, gejala lain yang akan muncul dalam beberapa hari setelahnya adalah mesin akan sulit dihidupkan. Kalau pun masih bisa hidup maka tidak akan bertahan lama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: