Ini Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih

Ini Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih

Ini penyebab mobil diesel keluar asap putih-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada dasarnya, wajar jika sebuah mobil mengeluarkan asap saat dipanaskan. Bagaimanapun juga, asap merupakan hasil dari proses pembakaran yang terjadi pada mobil. 

Namun, lain halnya apabila mobil yang mengeluarkan asap putih saat dipanaskan itu, mobil mesin diesel, itu berarti ada komponen mesin mobil yang rusak.

Cara mengatasi mobil keluar asap putih bisa Anda mulai dengan mengecek turbocharger hingga tekanan kompresi pada mesin.

Seharusnya, permasalahan ini tidak terlalu rumit. Namun, ada kalanya kondisi ini menjadi mengkhawatirkan. Salah satunya adalah saat asap yang dikeluarkan berwarna putih dan tebal. 

Agar tidak bingung, perhatikan berapa alasan mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan, berikut ini:

BACA JUGA:Apa yang Terjadi Jika Mobil Diesel Salah Isi Bensin? Ini Penjelasannya

1. Kondensasi Udara Dingin

Apabila kamu tinggal di daerah yang memiliki suhu dingin, maka mobil diesel akan mengeluarkan asap putih pada saat dipanaskan. Asap putih ini adalah hasil dari udara dingin yang ada di sekitar mobil.

Asap putih yang dihasilkan dari proses kondensasi ini cenderung tipis dan juga cepat menghilang. Biasanya, asap ini akan menghilang tidak lebih dari lima menit. 

Apabila mobil Kamu mengalami kondisi ini, maka tidak perlu khawatir. Karena asap putih ini tidak lebih hanya sekadar reaksi mesin mobil terhadap perubahan suhu dari dingin menjadi panas.

2. Silinder Rusak

Keluarnya asap putih dari knalpot mobil diesel juga bisa disebabkan oleh komponen silinder yang mengalami kerusakan. Kerusakan ini tentu saja akan memengaruhi proses pembakaran bahan bakar. 

Hasilnya, posisi ring piston juga akan bergeser dan oli bisa mengalami kebocoran hingga ruang bakar. Hal inilah yang menyebabkan keluarnya asap putih tebal pada saat mobil dipanaskan.

BACA JUGA:Saat Berhenti Jangan Asal Matikan Mobil Diesel, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: