Efek Samping Mungkin Terjadi Setelah Operasi Usus Buntu

Efek Samping Mungkin Terjadi Setelah Operasi Usus Buntu

Apendisitis umumnya memerlukan tindakan operasi. Namun, kemungkinan efek samping setelah operasi usus buntu ini sering kali menjadi pertimbangan pasien.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ketika terjadi kondisi peradangan pada apendiks (usus buntu), itulah disebut Apendisitis. Dimana, biasanya disebabkan oleh penumpukan feses yang mengeras dan meradang atau infeksi bakteri dalam saluran cerna yang menyebabkan penyumbatan. 

Apendisitis umumnya memerlukan tindakan operasi. Namun, kemungkinan efek samping setelah operasi usus buntu ini sering kali menjadi pertimbangan pasien.

Bagaimana Operasi Usus Buntu Dilakukan?

Apendektomi atau operasi usus buntu adalah prosedur medis untuk mengangkat usus buntu yang meradang. Pasalnya, radang usus buntu yang tidak ditangani dapat menyebabkan organ tersebut berlubang dan memicu infeksi berat terutama pada rongga perut.

BACA JUGA:Bantu Pemulihan, Konsumsi Makanan Ini Setelah Operasi Usus Buntu

Terdapat dua jenis apendektomi yang biasanya dilakukan oleh dokter, di antaranya :

1. Apendektomi laparotomi

Prosedur ini dilakukan dengan membuat sayatan sepanjang 2–4 cm di perut bagian kanan bawah, tepat pada lokasi usus buntu. Sayatan tersebut digunakan sebagai jalan untuk mengeluarkan usus buntu yang diangkat.

2. Laparoskopi apendektomi

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan kamera dan alat khusus berupa tabung kecil yang dimasukkan melalui lubang kecil di area perut. Tindakan ini cenderung lebih tidak invasif dibanding laparotomi karena hanya memerlukan sayatan kecil di area perut.

Dokter akan menentukan jenis operasi sesuai dengan kondisi kesehatan pasien dan tingkat keparahan radang usus buntu. 

Apabila peradangan sudah disertai penyebaran nanah ke rongga perut, biasanya dokter akan merekomendasikan laparotomi terbuka pada rongga perut.

BACA JUGA:Benarkah Makan Jambu Biji Bikin Usus Buntu? Simak Penjelasan Dokter

Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: