Tangki Bensin Sering Sekarat, Ini Dampak Buruknya

Tangki Bensin Sering Sekarat, Ini Dampak Buruknya

Tangki bensin sering sekarat, ini dampak buruknya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin terdengar sepele, namun kebiasaan buruk membiarkan tangki bensin sekarat atau nyaris kosong, bisa berakibat buruk bagi komponen mesin mobil Anda.

Dalam jangka panjang, tangki yang nyaris kosong ini bisa menurunkan kualitas bahan bakar hingga kerusakan pada komponen di sektor fuel line atau jalur bahan bakar. 

Agar Anda terhindar dari kemungkinan yang tak diinginkan tersebut, berikut beberapa efek buruk jika kerap membiarkan tangki bahan bakar nyaris kosong. Simak penjelasan berikut ini :

1. Resiko Timbulnya Karat Akibat Korosif

Tangki bahan bakar paling mudah terkena korosi jika kerap dibiarkan nyaris kosong

Dengan tangki bahan bakar yang sering kosong, maka akan menimbulkan karat akibat efek korosif yang terjadi pada lapisan tangki. 

Lapisan karat ini akan dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan apabila tersedot hingga ke pompa bahan bakar atau bahkan mesin.

BACA JUGA:Menarik, Sejak 1970 Silam Daihatsu Ternyata Sudah Kembangkan Mobil Listrik

2. Kualitas Bahan Bakar Akan Menurun

Efek selanjutnya adalah efek bahan bakar yang mudah menurun. Dengan tangki nyaris kosong, membuat endapan kotoran dan karat akan mudah terhisap hingga pompa bahan bakar. 

Selain itu, efek kondensasi akibat timbulnya udara di tangki juga dikhawatirkan akan menurunkan kualitas dari bahan bakar, terlebih ketika mobil Anda jarang digunakan.

3. Kerusakan Pada Pompa Bahan Bakar

Seperti yang disinggung pada poin nomor 1, endapan kotoran hingga karat akan berpotensi merusak tangki bensin jika sampai terhisap. 

Tak hanya itu, desain pompa bahan bakar pada mobil modern di desain agar selalu terendam di dalam bahan bakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: