Bisa Mencerahkan Kulit, Inilah Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah

Bisa Mencerahkan Kulit, Inilah Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah

Minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk mencegah tanda penuaan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama ini minyak kelapa dikenal bermanfaat untuk rambut, namun ternyata minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk wajah. Ini karena berbagai kandungan pada minyak kelapa yang baik untuk kulit. Yuk, ketahui sejumlah manfaat minyak kelapa untuk wajah berikut ini.

Ternyata sejumlah penelitian menunjukan bahwa minyak kelapa memiliki sejumlah manfaat untuk membantu merawat kesehatan kulit. Dalam sebuah penelitian, menunjukan bahwa minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah berbagai masalah kulit.Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan polifenol dan asam lemak, serta antioksidan yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit.

BACA JUGA:Saat Angin Kencang, Amalkan Doa Berikut Agar Terhindar dari Bahaya

Manfaat minyak kelapa untuk wajah
Ternyata sejumlah penelitian telah menunjukkan adanya Manfaat minyak kelapa untuk wajah. Berikut sejumlah Manfaat minyak kelapa untuk kulit dan kecantikan kamu.

1. Melembabkan kulit kering
Minyak kelapa berguna mengatasi kulit yang kering dengan melembabkan wajah. Penelitian juga menunjukan bahwa pasien dengan kulit kering ringan hingga sedang menunjukan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit bahkan efektivitasnya sama dengan penggunaan minyak mineral.

2. Mengatasi jerawat
Kulit yang berjerawat juga bisa sangat mengganggu penampilan. Jerawat sendiri bisa disebabkan karena kulit yang mengalami peradangan akibat bakteri, penumpukan sel kulit mati, hingga sebum. Sifat anti radang dalam minyak jerawat dapat mengurangi peradangan penyebab jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga diketahui dapat membantu mengatasi jerawat tersebut.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit, Ampuh Atasi Jerawat!

3. Meningkatkan produksi kolagen
Minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk mencegah tanda penuaan. Selain itu, kolagen juga berguna untuk menjaga kekenyalan kulit wajah dan mencegah timbulnya garis halus.

4. Mengurangi peradangan
Manfaat minyak kelapa untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengurangi peradangan kronis pada kulit. Peradangan ini juga bisa sebabkan masalah pada kulit seperti eksim, psoriasis dan lainnya. Untungnya, minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit tersebut.

5. Membunuh mikroorganisme yang membahayakan kulit
Manfaat selanjutnya adalah minyak kelapa berguna untuk membunuh mikroorganisme yang dapat membahayakan kulit. Pasalnya asam lemak rantai mengah yang ada pada minyak kelapa bertindak sebagai antimikroba. Fungsinya adalah membantu melindungi kulit dari berbagai risiko paparan mikroorganisme. Dengan begitu, kesehatan kulit wajah akan lebih terjaga.

BACA JUGA:Cara Aman Menggunakan Retinol, Bahan Ampuh Atasi Penuaan Kulit

6. Mencerahkan kulit
Manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya adalah mencerahkan kulit sekaligus meratakan warna kulit. Kamu bisa membuat masker minyak kelapa dengan campuran air lemon untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Ramuan minyak kelapa yang baik dipakai di wajah
Bagi kamu yang ingin mendapatkan berbagai manfaat minyak kelapa untuk wajah, kamu bisa mencoba cara penggunaan minyak kelapa berikut ini.

1. Pijat kulit wajah dengan minyak kelapa
Kamu bisa menggunakan minyak kelapa langsung untuk digunakan sebagai minyak alami untuk memijat wajah. Caranya, siapkan 1-2 sendok minyak kelapa, lalu oleskan pada minyak hangat ke seluruh leher dan wajah. Pijak selama 3-5 menit. Setelah itu, diamkan selama 20-30. Kamu bisa gunakan handuk basah untuk menyeka bekas minyak kelapa tersebut. Gunakan cara ini setiap malam sampai kulit terasa lebih baik.

BACA JUGA: Tips Jitu Memilih Warna Foundation untuk Kulit Sawo Matang

2. Campurkan minyak Kelapa dan kunyit
Kamu juga bisa gunakan campuran minyak kelapa dan kulit untuk menjaga kelembapan hingga mencerahkan wajah. Kamu bisa campurkan 1 sendok teh kunyit bubuk dengan minyak kelapa secukupnya. Campurkan sampai membentuk pasta dan oleskan ke wajah serta leher. Pijat perlahan dengan ujung jari. Diamkan selama 20 menit. Lalu bilas wajah dengan air bersih dan pembersih wajah yang ringan.

3. Minyak kelapa, lemon dan madu
Campuran minyak kelapa, jus lemon, dan madu juga baik untuk kulit. Kamu bisa campurkan 1 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok teh madu dan jus lemon. Aduk hingga merata dan oleskan pada wajah dan leher.  Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan menggunakan air bersih dan pembersih wajah ringan. Campuran bahan-bahan alami ini juga dapat mencerahkan kulit.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

4. Minyak kelapa dan oats
Selain minyak kelapa, oats juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan atasi berbagai masalah kulit. Kamu bisa campurkan kedua bahan tersebut. Campurkan oats sebanyak 2 sendok makan, lalu blender hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan pada wajah dan leher secara merata. Diamkan 10-15 menit, lalu bersihkan. Kamu bisa gunakan campuran ini setiap 2-3 kali seminggu.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: