Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

 Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Sunblock bisa digunakan bagi kamu yang akan beraktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari,--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski sama-sama melindungi kulit dari sinar matahari, ternyata sunblock dan sunscreen memiliki perbedaan. Berikut perbedaan sunblock dan sunscreen yang perlu diketahui.Setiap orang perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini karena dampak buruk yang diakibatkan dari sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar maupun memunculkan efek penuaan dini hingga kanker kulit.

BACA JUGA:Inilah Essence yang Bagus Bagi Wanita untuk Memuluskan Wajah

Salah satu cara mencegah dampak buruk tersebut terjadi, yakni dengan penggunaan sunblock atau sunscreen. Dua produk ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, tahukah kamu perbedaan sunblock dan sunscreen? Yuk simak pembahasannya di sini.

BACA JUGA:Waspada, Akun MiChat Gunakan Foto Pribadi Orang Lain

Fungsi Sunscreen dan Sunblock

Perbedaan sunblock dan sunscreen yang pertama bisa dilihat dari fungsinya. Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen wajah yang bagus dibuat untuk menangkal bahaya sinar UVA, yang biasanya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan keriput pada wajah. Sementara untuk sunblock, hampir semua bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

BACA JUGA:Adu Kambing Truk Batubara Vs Truk Material di Muara Bangkahulu, Satu Orang Meninggal

Kandungan di Dalamnya yang Membedakan

Pada umumnya, di dalam sunscreen ada bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan yang biasa ada di sunscreen, yakni Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA. Sementara di dalam sunblock ada kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari.

Cara Kerja

Perbedaan sunblock dan sunscreen juga bisa dilihat dari cara kerja keduanya. Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

BACA JUGA:Tips Jitu Perawatan Harian Rambut Bagi Wanita Karir

Cara kerja yang berbeda ini membuat sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan. Hal ini karena kandungannya memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Sementara sunblock bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit. Selain itu, baik sunscreen ataupun sunblock harus dioleskan ulang setiap 2-3 jam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pilih Sunblock atau Sunscreen?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: