Jerawat Gatal? Inilah 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat Gatal? Inilah 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips menghilangkan jerawat-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jerawat adalah masalah kulit berupa komedo, papul, kista, atau pustul yang muncul akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh minyak, sel kulit mati, debu, atau kotoran sehingga menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati dan perkembangan bakteri. 

Jerawat biasanya menimbulkan sensasi nyeri hingga gatal yang dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Sebetulnya, apa penyebab jerawat gatal tersebut?

Berbagai Penyebab Jerawat Gatal

Kenapa jerawat terasa gatal? Pada dasarnya, terdapat sejumlah penyebab jerawat gatal yang sering terjadi, di antaranya adalah alergi, fungal acne, jerawat kistik, reaksi kulit terhadap obat-obatan, paparan sinar matahari, berkeringat, hingga tanda jerawat akan sembuh.

 BACA JUGA:Wajib Tahu, Inilah Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Alergi

Penyebab jerawat gatal yang pertama adalah reaksi alergi ataupun efek samping terhadap obat jerawat. 

Bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap bahan aktif tertentu, saat menggunakan obat jerawat, sistem imun tubuh akan memproduksi antibodi yang berfungsi untuk melawan penyakit, yaitu antibodi IgE atau imunoglobulin E (IgE).

Antibodi tersebut akan melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin sebagai respons terhadap alergen. Peningkatan produksi histamin inilah yang nantinya akan menimbulkan reaksi alergi, salah satunya adalah gatal-gatal pada kulit.

2. Fungal Acne

Salah satu penyebab jerawat gatal yang kerap terjadi adalah fungal acne. Sebetulnya, fungal acne merupakan masalah kulit yang terjadi karena adanya pertumbuhan jamur berlebihan pada kulit wajah. 

Gejalanya dapat berupa iritasi kulit hingga menimbulkan jerawat yang terasa gatal. Kondisi ini sering kali terjadi pada seseorang yang mengalami masalah kesehatan tertentu yang menyebabkan kulit wajah mudah terinfeksi oleh jamur, seperti psoriasis.

BACA JUGA:Jangan Gagal Paham, Berbagai Fakta dan Mitos Jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: