Ingin Sembuh dari Kolesterol? Coba Lakukan Langkah Ini

Ingin Sembuh dari Kolesterol? Coba Lakukan Langkah Ini

Ingin sembuh dari kolesterol? coba lakukan langkah Ini -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terkandung di dalam darah. Sebenarnya, Kolesterol memberikan banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah untuk membangun sel-sel sehat dalam tubuh. 

Namun, jika kadarnya berlebihan justru dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Apakah Kolesterol Tinggi Bisa Sembuh?

Kolesterol adalah senyawa yang berfungsi untuk membangun sel-sel baru yang sehat, memproduksi hormon seks, menghasilkan vitamin D, serta melindungi sistem saraf di dalam tubuh. 

Pada dasarnya, senyawa ini diproduksi secara alami oleh organ hati untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh. Selain itu, kolesterol juga bisa didapatkan dari asupan makanan sehari-hari, terutama makanan yang mengandung protein hewani, seperti daging, telur, dan susu. 

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Memakainya

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol normal agar fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik.

Perlu diketahui, kadar HDL (kolesterol baik) normalnya berkisar 40–60 mg/dL. Di mana, semakin tinggi kadar HDL, semakin rendah pula risiko seseorang mengalami penyakit jantung. Sementara itu, kadar LDL (kolesterol jahat) sebaiknya tetap dipertahankan berada di bawah 100 mg/dL.

Kadar LDL 100–129 mg/dL dapat dikatakan sebagai ambang batas toleransi. Apabila kadar LDL seseorang mencapai 130–159 mg/dL, maka dapat dikatakan dirinya memasuki kategori agak tinggi. 

Sementara itu, kadar LDL yang mencapai angka 160–189 mg/dL tergolong ke dalam kategori tinggi. Sedangkan, jumlah LDL 190 mg/dL atau lebih, artinya sudah memasuki kategori sangat tinggi.

Jika sudah berada di atas batas normal, kolesterol berisiko menimbulkan berbagai penyakit, Meski begitu, sebenarnya kondisi kadar kolesterol tinggi dapat diturunkan dan dikontrol dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan berolahraga secara rutin, serta menjalani pengobatan sesuai anjuran dokter.

BACA JUGA:Sakit Tenggorokan Akibat Streptokokus, Begini Cara Mengatasinya

Komplikasi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit serius, diantaranya :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: