Selain Nyeri Dada, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Selain Nyeri Dada, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Selain nyeri dada, ini gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gejala kolesterol tinggi penting untuk diketahui, agar ketika keadaan tersebut terjadi, bisa segera ditangani dan kadar kolesterol kembali normal. 

Kadar kolesterol tinggi yang berkelanjutan, dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, terutama pada bagian organ jantung, seperti stroke atau jantung koroner.

Gejala ini sering muncul tanpa disadari. Lantas, bagaimana tanda-tanda kolesterol tinggi? 

Gejala Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala khusus, sehingga sering kali tidak disadari. Bahkan beberapa gejalanya cukup umum, seperti mudah lelah dan kesemutan. Sehingga, apabila gejala-gejala tersebut terjadi terlalu sering, maka patut diwaspadai.

Adapun beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu Anda antisipasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Ingin Sembuh dari Kolesterol? Coba Lakukan Langkah Ini

1. Terdapat Benjolan di Sekitar Mata (Xanthoma)

Gejala kolesterol yang satu ini cukup jarang terjadi, xanthoma adalah kondisi di mana lemak tumbuh dan berkembang di bawah kulit. 

Xanthoma sering ditemukan pada daerah kelopak mata berupa gumpalan lemak yang berwarna kekuningan. Namun, tidak hanya di bawah mata, xanthoma juga dapat tumbuh pada organ dalam.

Sebenarnya, kondisi ini tidak berbahaya, namun gejala ini merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan tertentu. Seperti kadar kolesterol yang tinggi atau penyakit kronis diabetes.

2. Sering Merasa Mengantuk

Gejala kolesterol tinggi juga sering membuat pengidapnya merasa sering mengantuk, bahkan hampir setiap saat. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah sehingga aliran oksigen tidak berjalan normal.

Kondisi tersebut akan membuat Anda mudah mengantuk. Selain mengantuk, Anda juga bisa merasa lebih mudah lelah saat melakukan aktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: