Mujarab, Ini Jenis Umpan Memancing Ikan Patin

Mujarab, Ini Jenis Umpan Memancing Ikan Patin

Pemancing saat menunjukan ikan patin hasil pancingannya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ikan patin (Pangasius sp.) merupakan salah satu Ikan asli perairan Indonesia yang telah berhasil didomestikasi.

Jenis–jenis ikan patin di Indonesia sangat banyak, antara lain Pangasius pangasius atau Pangasius jambal, Pangasius humeralis, Pangasius lithostoma, Pangasius nasutus, pangasius polyuranodon, Pangasius niewenhuisii.

Ikan patin memiliki bentuk tubuh memanjang, berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan. Ikan patin kagak ada sisik, kepala ikan patin relatif kecil dengan mulut terletak diujung kepala agak ke bawah.

BACA JUGA:11 Spot Mancing di Bengkulu, Tarikan Ikannya Luar Biasa

BACA JUGA:5 Umpan Mancing Ikan Mas Terbaik yang Mudah Didapat

Hal ini merupakan ciri utama golongan catfish. Panjang tubuhnya dapat mencapai 120 cm.

Sudut mulutnya terdapat dua pasang kumis pendek yang berguna sebagai peraba. Sirip punggung memiliki sebuah jari–jari keras yang berubah menjadi patil yang besar serta bergerigi di belakangnya, sedangkan jari–jari lunak pada sirip punggungnya terdapat 6 – 7 buah (Kordi, 2005).

Pada permukaan punggung ada sirip lemak yang ukurannya sangat kecil dan sirip ekornya membentuk cagak dengan bentuk simetris.

Sirip duburnya agak panjang dan mempunyai 30 – 33 jari-jari lunak, sirip perutnya terdapat 6 jari-jari lunak. 

Sedangkan sirip dada terdapat sebuah jari-jari keras yang berubah menjadi senjata yang dikenal sebagai patil dan memiliki 12 – 13 jari-jari lunak (Susanto Heru dan Khairul Amri, 1996).

Selain itu, ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki sensasi tarikan yang populer di kalangan pemancing.

Mengetahui umpan ikan patin alami dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menarik perhatian ikan patin yang cerdas dan lincah.

BACA JUGA:11 Jenis Joran Pancing untuk yang Hobi Memancing

BACA JUGA:10 Umpan Ikan Nila Terbaik yang Harus Digunakan Pemancing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: