Apa Itu Sinusitis? Ini Penyebab dan Langkah Pengobatannya

Apa Itu Sinusitis? Ini Penyebab dan Langkah Pengobatannya

Ilustrasi penderita sinuitis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Masalah pada saluran pernapasan tentu dapat membuat penderitanya merasa terganggu, tidak terkecuali dengan sinusitis. 

Penyakit sinusitis adalah masalah saluran pernapasan berupa peradangan pada jaringan selaput sinus yang terletak di sekitar tulang wajah.

Jika sudah akut, sinusitis dapat menyebabkan indera penciuman terganggu atau bahkan hilang. Hal tersebut biasa dikenal dengan istilah anosmia.

Maka dari itu, peradangan di rongga sinus ini perlu ditangani agar penyakitnya tidak menyebabkan masalah yang lebih serius. 

BACA JUGA:Apa Itu Mimisan? Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sebelum itu, Anda sebaiknya mengenal penyebab serta gejala sinusitis terlebih dahulu agar bisa mengambil langkah tepat, baik untuk mencegah maupun mengobatinya. Informasi tersebut dapat dilihat pada ulasan berikut.

Apa itu Sinusitis?

Sinus merupakan rongga kecil yang terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. 

Secara alami, sinus memang menghasilkan lendir, fungsinya yaitu menyaring bakteri serta partikel lain dalam udara yang dihirup. 

Selain itu, sinus juga memiliki fungsi sebagai organ tubuh yang turut membantu mengendalikan suhu serta kelembapan udara yang dihirup.

Apabila terjadi peradangan, sinus akan memproduksi lendir berlebih. Kondisi ini biasa dikenal dengan istilah sinusitis.

Jadi, sinusitis adalah kondisi peradangan pada rongga sinus yang menyebabkan penyumbatan di saluran udara tersebut.

BACA JUGA:Metode Diet Dengan Telur Rebus dan Cara Tepat Melakukannya

Rongga kecilnya terletak di beberapa daerah, yaitu belakang tulang dahi, belakang mata, bagian dalam dari struktur tulang pipi, dan kedua sisi batang hidung. Karena itulah, penderita sinusitis seringkali merasa sakit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: