Knalpot Mobil Nembak? Cek Penyebab dan Solusinya

Knalpot Mobil Nembak? Cek Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi knalpot nembak-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Knalpot yang meletup-letup seperti bunyi tembakan, pasti membuat tidak nyaman, baik bagi Anda sebagai pengendara, juga bagi orang sekitar yang mendengarnya. 

Kondisi knalpot seperti ini bukan hal yang normal. Perlu tindakan tertentu agar mobil tidak mengeluarkan bunyi serupa lagi.

Penyebab Knalpot Mobil Nembak dan Solusinya

Suara bising knalpot ini disebabkan oleh banyak faktor. Namun, kebanyakan faktornya adalah karena pemilik mobil jarang menyervis mobilnya. Lebih lengkapnya, inilah informasinya :

1. Modifikasi Knalpot Serampangan

Banyak orang yang menyukai modifikasi mobil, salah satunya memodifikasi knalpot. Sayangnya, karena kurangnya perhitungan, modifikasi knalpot tidak tepat sehingga membuat knalpot mobil mengeluarkan suara bising mengagetkan.

Karena itulah, Anda perlu memodifikasi dengan pengawasan teknisi yang berpengalaman. Minta saran yang tepat untuk mendapat spesifikasi knalpot terbaik.

BACA JUGA:Mungkin Anda Belum Tahu, Inilah Fungsi Knalpot Pada Mobil

2. Busi Kotor

Busi yang kotor jadi penyebab knalpot nembak. Pasalnya busi yang kotor menyebabkan bercampurnya udara dan bahan bakar yang tidak sesuai. Hal ini menyebabkan keluar suara keras seperti tembakan. 

3. Penyuplai Udara ke Ruang Pembakaran Rusak

Kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran menyebabkan timbulnya suara keras. 

Dikarenakan jumlah udara yang masuk tidak sesuai, maka ini berpengaruh pada pengapian mobil. Hasilnya, knalpot mengeluarkan suara keras.

Periksa filter udara mobil Anda. Apabila filter kotor dan penuh debu, suplai udara tersendat sehingga proses pengapian mesin tidak berjalan dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: