Bukan Cuma Cewek, Ternyata Aki Juga Bisa Keputihan

Bukan Cuma Cewek, Ternyata Aki Juga Bisa Keputihan

Ilustrasi keputihan pada aki-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin banyak pemilik kendaraan baik motor atau mobil yang belum tahu, aki juga bisa mengalami keputihan khususnya aki basah.

Namun keputihan yang dimaksud bukan penyakit, melainkan munculnya semacam kerak putih di bagian kutub positif dan minus aki.

BACA JUGA:Sepele Tapi Bisa Bikin Aki Cepat Mati, Salah Satunya Menarik Pedal Rem

Kerak putih di aki basah muncul karena ada penyebabnya. Seperti, akibat penguapan air zuur dari battery, karena air zuur mengandung asam, mengakibatkan menjadi kerak putih.

Proses reaksi kimia yang terjadi pada aki basah, menyebabkan kerak putih tersebut muncul. Pada aki tipe basah, bila digunakan atau kendaraan dalam posisi menyala akan ada penguapan, karena reaksi kimia antara cairan dan plate timah.

BACA JUGA:Aki Motor Matic Soak? Jangan Asal Beli Aki, Fitur Idling Stop System Bikin Aki Tekor

Tapi sebaliknya, kalau kendaraan tidak dipakai lebih dari 2 bulan malah bisa menimbulkan jamur pada cairan.

Akibat adanya jamur tersebut, sehingga kendaraan akan susah untuk di-starter, sebab daya yang dimiliki aki mulai melemah.

Jika sudah terlanjur muncul kerak putih di bagian kutub aki basah, jangan khawatir.

Untuk merontokan kerak putih yang menempel, bisa menggunakan air panas yang disiram pada permukaan yang menempel, dengan penyiraman tersebut, nantinya kerak putih tersebut akan rontok dengan sendirinya.

BACA JUGA:Perbedaan Aki Basah dengan Aki Kering, dan Begini Cara Merawatnya Agar Tidak Cepat Soak

Sedangkan untuk cara mencegah atau mengatasinya bisa menggunakan Baseline/Grease/Gemuk agar permukaan kepala pole tidak tertutup atau ditumbuhi kerak. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: