Pengendara Wajib Tahu, Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

Pengendara Wajib Tahu, Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

Ilustrasi komponen rem mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam sebuah kendaraan, ada komponen yang memiliki fungsi untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan. 

Komponen itu biasa disebut rem. Keberadaan rem ini pasti tidak akan luput dari segala macam kendaraan.

Untuk mengatur laju kendaraan, prinsip kerja dari rem mobil adalah terjadinya gesekan pada jalan dan ban. Proses ini cukup kompleks, karena itu mari simak penjelasan berikut :

Proses Pengereman Pada Mobil  

1. Terjadinya Gesekan Dan Pemindahan Gravitasi Mobil 

Secara umum, prinsip kerja pada elemen rem didasari atas gesekan ban dan permukaan jalan. Rem yang digunakan akan menambah beban pada ban dan akhirnya gesekan akan membantu mengurangi laju kendaraan. 

BACA JUGA:Minat Mengendarai Motor Kopling, Ini Tips Dan Triknya

Gesekan ini terjadi karena posisi ban berhenti berputar dan statis, sehingga memberi efek gesek pada dua permukaan.

Anda bisa mengamati hal tersebut dengan suara decitan yang kerap terdengar saat mengerem. Dalam proses pengereman ini, titik pusat gravitasi kendaraan akan berpindah sesuai dengan rem yang aktif. 

Umumnya, pengereman akan dimulai dengan rem depan kemudian disusul dengan roda belakang. 

2. Perubahan Energi Kinetik Menjadi Panas 

Prinsip kerja dari rem mobil adalah karena perubahan energi kinetik ke energi panas. Saat rem diaktifkan, kendaraan tidak akan bisa berhenti secara langsung. 

Saat mesin mobil sudah dibebaskan dengan pemindahan daya kinetik, namun kendaraan cenderung akan tetap berjalan. Hal tersebut terjadi karena mesin tidak benar benar kehilangan daya gerak. 

Jika diperhatikan, hal tersebut terjadi karena dapur pacu berjalan dengan prinsip pengubahan gaya panas menjadi gaya kinetik. Sedangkan break system menggunakan prinsip keterbalikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: