Hukum Kredit Motor dalam Islam, Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Cara Agar Terhindar dari Dosa Riba

Hukum Kredit Motor dalam Islam, Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Cara Agar Terhindar dari Dosa Riba

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kredit motor dapat menjadi alternatif bagi beberapa orang yang ingin memiliki kendaraan bermotor, namun belum memiliki dana tunai yang cukup untuk melunasi secara penuh.

Namun, banyak yang mempertanyakan apakah pembiayaan motor ini melibatkan unsur riba atau tidak.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa hukum terkait pembiayaan motor sebenarnya tergantung pada kondisi seseorang saat ini.

BACA JUGA:Cara Mudah Membuka Pintu Rezeki, Ustadz Adi Hidayat: Baca 2 Surah ini Saat Sholat

BACA JUGA:Hukum Sihir Dalam Islam, Ustadz Adi Hidayat: Merusak Tauhid dan Akidah

Hal tersebut disampaikan Ustadz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Muslim Digital.

"Anda kalau berhenti (kredit Motor) masuk kategori darurat nggak. Kalau diputus ini, itu menganggu kebutuhan primer yang sedang berjalan nggak selama ini, yang menunjang aspek kehidupan," terang Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa meskipun pembiayaan motor bisa menjadi rentan terhadap riba, ketika seseorang ingin sepenuhnya keluar dari situasi tersebut, mereka harus memastikan bahwa itu tidak akan berdampak buruk pada kehidupan mereka.

Tidak semua bentuk pembiayaan motor dianggap haram dan melibatkan riba. Saat ini, banyak bank Syariah menawarkan pembiayaan motor yang sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan Islam, sehingga bebas dari unsur riba.

Meskipun demikian, penawaran dari bank tetap harus diperhatikan secara rinci, termasuk pembayaran cicilan, bunga, dan bentuk akad yang disepakati oleh kedua belah pihak.

"Nggak semua kredit itu haram, kredit dari bank Syariah itu ada yang halal," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Diakadkan dulu, kemudian dibeli dulu dan kemudian Anda cicil di situ dengan cicilan terbaik. Tidak ada yang salah dengan itu," tambah Ustadz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Jika Berangkat ke Kantor Masih Begini, Ustadz Adi Hidayat: Jangankan Dapat Rezeki, Kerja Pasti Terasa Berat

BACA JUGA:Doa Mustajab untuk Segera Dapat Jodoh, Ustadz Adi Hidayat: Niatkan untuk Ibadah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: